Notification

×

Iklan


Jaring Aspirasi, Pemkab Purworejo Gelar Forum Konsultasi Publik

Kamis, 25 Januari 2024 | 09:27 WIB Last Updated 2024-01-25T02:27:28Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) -  Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH hadir dalam acara Forum Konsultasi Publik dan Pembukaan Masa Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Purworejo Tahun 2024 dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2025. Kegiatan dilaksanakan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Purworejo Rabu (24/01/2024).


Tampak hadir Perencana Ahli Madya Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah Erna Widjiastuti STP M Agribus secara daring, PLH Sekda Kabupaten Purworejo Drs Bambang Susilo, Kepala Bappeda Litbang Sukmo Widi Harwanto SH MH, Asisten Sekda II Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA, Asisten Sekda III drg Nancy Megawati Hadisusilo MM, Para Staf Ahli Bupati, Kepala OPD terkait dan segenap tamu undangan.


Bupati Purworejo mengatakan, pelaksanaan Forum Konsultasi Publik ini untuk menjaring aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas pembangunan daerah Kabupaten Purworejo tahun 2025. Selain itu juga untuk merumuskan saran dan masukan yang akan menjadi pedoman dalam penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah dan Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Purworejo Tahun 2025. Sedangkan Pembukaan Masa Musrenbang ini menjadi awal dari serangkaian proses perencanaan pembangunan daerah tahun 2025.


Bupati mengingatkan, kemampuan keuangan daerah sangat terbatas, di satu sisi kebutuhan pembangunan daerah semakin meningkat. Tetapi dirinya percaya dengan kerjasama, kontribusi, dan partisipasi semua pihak. kesenjangan anggaran tersebut akan dapat teratasi. 

”Untuk itu saya berharap Kepala Perangkat Daerah dalam merencanakan program dan kegiatan di tahun 2025 agar inovatif dan mengarah pada perubahan untuk mengantisipasi tantangan/peluang tersebut,” tandasnya.


Lebih lanjut Bupati mengatakan, tahun 2025 adalah tahun keempat

pelaksanaan visi dan misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Purworejo tahun 2021-2026 dengan tema pembangunan “Mewujudkan Purworejo Berdaya Saing “. Tema ini sejalan dengan kebijakan pembangunan daerah tahun 2025 Provinsi Jawa Tengah. 


”Prioritas pembangunan Kabupaten Purworejo diarahkan pada peningkatan kapasitas perekonomian, peningkatan kualitas SDM, peningkatan keberlanjutan pengelolaan SDA dan peningkatan tata kelola pemerintahan,” jelasnya.


Bupati menambahkan, dalam rangka sinergitas pencapaian sasaran pembangunan Provinsi Jawa Tengah tahun 2025, maka telah ditetapkan sasaran pembangunan Kabupaten Purworejo Tahun 2025. Antara lain Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 74,67, Angka Kemiskinan sebesar 10,22 – 9,04%, Tingkat Pengangguran Terbuka sebesar 3,11%, Pertumbuhan PDRB Sektor Pertanian, Kehutanan, dan Perikanan sebesar 3,46%, Pertumbuhan Ekonomi sebesar 5,16 – 6,16%, Indeks Reformasi Birokrasi (IRB) sebesar 76 dan Indeks Risiko Bencana sebesar 157,16. 


Sementara itu Sekretaris Bappeda Litbang Maria Dini Handajani ST MAP melaporkan tujuan diadakan Forum Konsultasi Publik dan Musrenbang Tahun 2024 untuk membuka ruang seluas-luasnya bagi stakeholder serta pihak yang berkepentingan khususnya masyarakat dalam berpartisipasi memberikan masukan pada penyusunan Prioritas pembangunan tahun 2025. Untuk peserta kurang lebih 200 orang terdiri dari unsur FORKOMPIMDA, Anggota DPRD, Bappeda Provinsi Jawa Tengah serta Bappeda kabupaten/kota yang bersebelahan dengan Kabupaten Purworejo, jajaran pejabat Pemkab Purworejo dan lintas organisasi masyarakat.


"Kami laporkan juga, setelah pembukaan masa musrenbang ini agenda selanjutnya diteruskan dengan Musrenbang Kecamatan, Forum Perangkat Daerah, Forum Lintas Perangkat Daerah dan ditutup dengan forum konsultasi publik lagi dalam rangka penutupan Masa Musrenbang," terangnya.


Iklan

×
Berita Terbaru Update