Notification

×

Iklan


Buka Pembekalan 95 Kades Terpilih, Bupati Minta Agar Tidak Ada Lagi Kades yang Berurusan dengan APH

Rabu, 28 Februari 2024 | 19:30 WIB Last Updated 2024-03-02T02:05:29Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH membuka kegiatan pembekalan bagi Kepala Desa terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa serentak Tahun 2023, yang dilaksanakan di Aula Gedung STIKES Pemkab Purworejo, Rabu (28/02/2024). Turut hadir Forkopimda, Asisten Pemerintahan dan Kesra, OPD terkait, 16 camat serta 95 kades terpilih.

Kegiatan ini bertujuan untuk membekali para Kades terpilih dalam memimpin dan menjalankan tugas selama satu periode ke depan.

Bupati dalam sambutannya meminta kepada para Kades agar segera melakukan percepatan dalam penyerapan dana-dana transfer desa, sehingga dana tersebut dapat cair dan dimanfaatkan tepat waktu dan tepat sasaran. 

“ Dana transfer desa harus dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya untuk masyarakat guna mewujudkan peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat, serta untuk penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik,” tandasnya. 
Bupati juga menuturkan, kepala desa sebagai kepala pemerintahan desa dan pemimpin masyarakat bertugas menyelenggarakan pemerintahan desa melaksanakan pembangunan desa, pembinaan kemasyarakatan desa dan pemberdayaan masyarakat. 
“Kegiatan ini merupakan sarana untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa baru terkait tugas pokok dan fungsi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” tuturnya. 

Pada kesempatan itu Bupati mengingatkan, agar hati-hati dalam mengambil langkah, namun hal ini hendaknya jangan sampai menghambat kreativitas dan inovasi kepala desa dalam menjalankan roda pemerintahan. 
“ Kepala desa harus memahami aturan yang mendasarinya, agar tidak ada kepala desa yang berurusan dengan aparat penegak hukum karena kesalahan/kelalaian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi,” pesannya. 

Disisi lain Iqbal Nugroho SSTP MIP selaku Kepala Bidang Administrasi Pemerintahan Desa DP3APMD menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para kades terkait tugas pokok dan fungsi dalam menjalankan pemerintahan. 
“ Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari, dari hari Rabu sampai Jumat dengan peserta Kepala Desa Terpilih sejumlah 95 orang.” jelasnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update