Notification

×

Iklan


Mahasiswa KKN UMPWR Bantu Desa Ngemplak Go Online

Kamis, 01 Februari 2024 | 15:42 WIB Last Updated 2024-02-01T14:59:01Z

GEBANG, (pituruhnews.com) - Internet sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita saat ini. Internet membuka peluang untuk mendapatkan informasi, berbisnis, belajar untuk menambah wawasan luas. Namun, tidak semua desa di Indonesia bisa menikmati manfaat internet. Banyak desa yang masih terbelakang dalam hal teknologi informasi dan komunikasi.


Salah satu desa yang ingin mengubah kondisi ini adalah Desa Ngemplak, Kecamatan  Gebang, Kabupaten Purworejo. Desa ini mendapat bantuan dari mahasiswa KKN kelompok 22 dari Universitas Muhammadyah Purworejo yang berinisiatif membuat website desa dengan bimbingan Diskominfo Kabupaten Purworejo menggunakan OpenSID, sebuah Softwere yang memudahkan pemerintah desa mengelola data dan layanan desa secara online.


Website desa Ngemplak berisi informasi penting tentang desa, seperti profil desa, kegiatan desa, berita terbaru, potensi desa, data penduduk, dan layanan publik. Website ini juga memiliki fitur interaktif, seperti form pengaduan saran dan masukan dari masyarakat desa.

Pemerintah Desa Ngemplak sangat mendukung inisiatif mahasiswa KKN ini karena dapat membantu desa Ngemplak menjadi desa digital. Desa digital adalah konsep pembangunan desa yang didukung oleh teknologi digital, seperti internet, telekomunikasi, dan teknologi informasi lainnya. Tujuan dari desa digital adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa dengan memberikan akses ke informasi dan layanan yang lebih baik, serta untuk meningkatkan perekonomian desa dengan meningkatkan produktivitas dan efisiensi.

Desa digital juga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa dan memperkuat jaringan sosial. Dengan website ini, desa Ngemplak bisa terhubung dengan dunia luar dan memperlihatkan kemajuan desanya.

Mahasiswa KKN tidak hanya membuat website, tetapi juga memberikan pelatihan dan buku panduan penggunaan website kepada perangkat desa yang bertanggung jawab di bidang IT. Hal ini bertujuan agar website desa bisa terus berjalan dan berkembang sesuai dengan kebutuhan desa.

Diharapkan website desa Ngemplak dapat terus mengeksplorasi potensi-potensi yang tersimpan, seperti kekayaan sumber daya alam, keunggulan sumber daya manusia, keanekaragaman budaya, daya tarik pariwisata, dan peluang ekonomi. Dengan ini, desa Ngemplak dapat menampilkan potensi-potensi tersebut kepada dunia luar dan menarik minat dari berbagai pihak.


Penulis                                          :  Mahasiswa KKN UMPWR Kelompok 22

Dosen Pendamping  Lapangan    : Hamid Muhammad Jumasa, S.T.,M.Eng

Narasumber Diskominfo             : Rahayu Slamet, S.T., M.Eng

Moderator                                    : Yuyun Dwi P. S.Pd (Sekretaris Desa)

Lokasi                                             : Desa Ngemplak, Kec. Gebang, Kabupaten Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update