Notification

×

Iklan

Pesona Syawal Kemiri Dibuka, Bupati Purworejo : Ini Bisa Memperkenalkan Produk Unggulan UMKM Lokal Kecamatan Kemiri

Minggu, 05 Mei 2024 | 17:38 WIB Last Updated 2024-05-05T10:38:19Z
KEMIRI, (pituruhnews.com) - Dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kecamatan Kemiri bekerjasama dengan Forum KPMD,  UMKM "Kembang"  dan Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan Kemiri menggelar Pesona Syawal di area kompleks Kecamatan Kemiri pada, Minggu, 05/05/2024 pagi.

Acara ini hadiri oleh Bupati Purworejo Hj. Yuli Hastuti, SH beserta prokopim dengan didampingi Camat Kemiri Bambang Supriatno, S.Sos berserta Forkompimca dan 46 penerima bantuan  Baznas. Dalam acara Pesona Syawal ini mengambil tema "Berkah Syawal Memperkaya Budaya dan Kreativitas Lokal". 

Dari kegiatan ini ada beberapa rangkaian kegiatan mulai dari 
Expo UMKM, Pengajian, Pentasyarufan Bantuan Baznas, Santunan Anak Yatim dan Kesenian Jaran Kepang.
Dalam sambutannya Camat Kemiri Bambang Supriatno mengatakan, bahwa dalam semangat dan momentum yang sangat mendukung yaitu masih berada pada bulan syawal 1445 H, dan dengan kolaborasi antara Kecamatan Kemiri, Forum UMKM Kecamatan kemiri, Forum KPMD Kecamatan Kemiri dan Forum Komunikasi Karang Taruna Kecamatan Kemiri menghasilkan expo UMKM yang dilaksanakan pada minggu pertama setipa bulan dan sudah mulai dari bulan maret 2024, kami mengusung tema yang berbeda pada setiap kegiatan yang dilaksanakan. Pada kesempatan kali ini Expo UMKM dengan judul “ Pesona Syawal Kecamatan kemiri “ dengan Tema Berkah Syawal Memperkaya Budaya dan Kreativitas Lokal.

"Kegiatan ini dilaksanakan satu hari yaitu pada hari ini minggu tanggal 5 Mei 2024. Bertempat di lingkungan alun – alun Kecamatan Kemiri. Diikuti oleh 98 peserta Expo yang terdiri dari UMKM dan Paguyuban pedagang purworejo. Guna mendukung kegiatan Expo UMKM beragam kegiatan disuguhkan sematauntuk memberikan dorongan baru pada sektor UMKM untuk lebih bangkit dan berkembang." Kata Bambang.

Ia menambahkan bahwa Expo UMKM ini begitu beragam dan berbobot. Dari sesi pembukaan tergambar jelas tujuan edukatif dan inspiratif acara ini. Tidak hanya sekadar memamerkan produk dan jasa unggulan UMKM, tapi lebih jauh lagi, Expo ini diwujudkan untuk menggerakkan semangat kewirausahaan serta transformasi UMKM agar mampu bersaing dan tumbuh menjadi kekuatan ekonomi yang mampu merespons tantangan masa depan. Dan juga memunculkan kreatifitas dan juga menampilkan budaya lokal sebagai pendukung kegiatan.
"Antusiasme masyarakat dalam menyambut dan memeriahkan Expo UMKM ini sangatlah membanggakan, menjadi semangat bagi kami untuk selalu menyuguhkan yang terbaik dalam setiap kegiatan. Mengunjungi berbagai stan yang dipenuhi oleh ragam produk lokal dengan beragam produk unggulan yang dipamerkan, Expo UMKM berhasil menciptakan platform yang ideal bagi para pelaku UMKM untuk meraih pengakuan yang lebih luas serta memperluas jangkauan pasarnya." tambahnya

"Ini menjadikan wadah bagi pelaku UMKM untuk menjalin kerjasama dan jaringan bisnis yang berpotensi. Pada momen yang berlangsung di Alun – alun Kemiri ini, kolaborasi antar-pelaku UMKM menjadi lebih mungkin dan berkesinambungan. Dengan adanya platform seperti ini, diharapkan pelaku UMKM dapat saling mendukung dan memperkuat daya saing bersama. Dan  kami ucapkan Terimakasih kepada BUPATI PURWOREJO yang berkenan hadir dan membuka kegiatan EXPO UMKM pada kesempatan kali ini. Keberhasilan Expo UMKM pada kali ini tak lepas dari dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Purworejo dan berbagai pihak yang selalu mendukung kegiatan ini. Dukungan ini menjadi dorongan besar dalam upaya pemulihan ekonomi dan penciptaan lapangan kerja." ucapnya..

Ditambahkan dalam sambutannya, Bupati Purworejo Yuli Hastuti, sangat  mengapresiasi dilaksanakannya UMKM Expo Pesona Syawal di Kecamatan Kemiri ini, sebagai sebuah upaya untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM. Seperti kita ketahui bersama, saat ini ada beberapa proyek strategis nasional yang bersinggungan bahkan berada di wilayah Kabupaten Purworejo, yakni Bandara Internasional Yogyakarta, Badan Otorita Borobudur, Bendungan Bener dan jalan tol Cilacap-Yogyakarta.
"Mudah-mudahan dengan banyaknya event seperti UMKM Expo ini, dapat menjadi media yang cukup efektif untuk memperkenalkan produk-produk unggulan mitra binaan yang merupakan usaha mikro kecil menengah (UMKM) sebagai karya anak bangsa, agar dapat meningkatkan potensi usahanya. Selain itu, juga memberikan wawasan yang lebih luas bagi UMKM untuk melakukan penjajagan situasi dan kondisi pasar, sekaligus sebagai sarana pertemuan antara UMKM dengan konsumen maupun dengan pengusaha yang lebih besar atau investor. " ucapnya.

Ia juga menambahkan bahwa pembangunan UMKM memang harus terus diberdayakan, karena selain mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ternyata UKM juga terbukti mampu bertahan dari berbagai macam krisis ekonomi. Untuk itu, mari kita terus mendukung dan memperkuat ekosistem UMKM kita agar semakin maju dan berdaya saing. Dengan kolaborasi dan kerja keras bersama, kita dapat mewujudkan impian dan menciptakan masa depan yang lebih cerah bagi UMKM kita dan bagi masyarakat kita secara keseluruhan.
Dari Pesona Syawal Kecamatan Kemiri ini UMKM yang ikut memeriahkan acara ini 98 UMKM Lokal, dan Penerima Bantuan Baznas Sebanyak 46 penerima dengan total 43.600.000 rupiah.

Iklan

×
Berita Terbaru Update