Notification

×

Iklan

Jalan Sepanjang 75 Meter Hancur Disapu Longsor Dahsyat, Akses Pituruh - Bruno Lumpuh Total

Tuesday, 17 October 2017 | 12:11 WIB Last Updated 2017-10-17T05:11:36Z
Jalan Sepanjang 75 Meter Hancur Disapu Longsor Dahsyat, Akses Pituruh - Bruno Lumpuh Total

Pituruh,(purworejo.sorot.co)--Hujan berintensitas tinggi yang terjadi di wilayah Kabupaten Purworejo dalam beberapa hari terakhir berdampak terjadinya longsor di beberapa titik. Setelah peristiwa longsor yang terjadi di Kecamatan Kaligesing dan nyaris menggerus rumah warga pada Senin (16/10/2017) sore kemarin, pada malam harinya hal yang sama juga terjadi di Desa Pamriyan, Kecamatan Pituruh.
Sebuah tebing yang terletak tepat di samping jalan Bruno – Pituruh ambrol pada sekitar pukul 21.00 WIB. Longsor yang terjadi cukup dahsyat lantaran sampai menyapu jalur jalan hingga ke bawah. Akibatnya, jalan sepanjang 75 meter ambles dan ikut tersapu longsor. Material jalan berupa aspal pun terkelupas dan ikut terseret material longsor ke bagian bawah tebing. Beruntung pada kejadian tersebut, tak sampai ada korban jiwa karena kondisi jalan memang tengah lengang.
Salah seorang warga setempat, Laras Pandulu mengungkapkan, besarnya material longsor yang terjadi pada tebing setinggi 20 meter membuat Jalan Bruno – Pituruh tak lagi bisa dilalui alias lumpuh. Lumpuhnya akses mengakibatkan tiga dusun yaitu Dusun Limbangan, Menggur dan Kesodan terancam terisolasi. Kendaraan baik roda dua maupun roda empat atau lebih tak bisa melalui jalan.
Karena belum bisa dilalui karena material longsor memang cukup banyak, jika ingin pergi ke Kecamatan Pituruh, warga 3 dusun tersebut harus memutar melewati Kecamatan Bruno,” ungkap Laras, Selasa (17/10/2017) pagi.
Sementara itu, salah seorang perangkat Desa Pamrian, Senen mengatakan bahwa peristiwa longsor yang terjadi pada kali ini menjadi yang paling parah. Sebelumnya, longsor memang pernah terjadi pada tahun 2006 silam, namun tak separah pada yang terjadi pada tahun 2017 ini.
Ini kejadian longsor yang paling parah. Untung ini terjadi di lahan pertanian dan bukan pemukiman sehingga tidak sampai timbul korban. Kalau sampai terjadi di pemukiman bisa merenggut banyak korban karena memang longsor sangat dahsyat,” urai dia.
Ia melanjutkan, tak hanya akses jalan yang terputus, aliran listrik ke Desa Pamrian juga ikut terputus. Pasalnya, material longsor menerjang empat tiang listrik yang ikut roboh.
"Karena keterbatasan peralatan, kami belum bisa melakukan tindakan," imbuhnya
Lebih lanjut Senen mengatakan, terkait peristiwa ini, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait dan sudah melaporkan kejadian ini ke Kecamatan Pituruh. Informasi terakhir BPBD akan menurunkan alat berat ke lokasi longsor untuk membersihkan material longsor..
"Kita tinggal menunggu semoga cepat di tangani," harap dia. (Dana Nur Sehat)


Sumber : purworejo.sorot.co 

Iklan

×
Berita Terbaru Update