Notification

×

Iklan

85 Kades Baru Dilantik, Langsung Ditugasi Selesaikan SPJ Tahun 2017

Tuesday, 12 December 2017 | 14:39 WIB Last Updated 2017-12-12T07:39:58Z
 

PURWOREJO, Bupati Purworejo Agus Bastian melantik 85 kepala desa (kades) baru hasil Pilkades 30 Oktober lalu dari 15 kecamatan, terkecuali Kecamatan Bagelen. Pelantikan yang dilangsungkan di Pendopo Rumah Dinas Bupati berlangsung meriah karena tiap kades diantar oleh ratusan pendukungnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinpermades) Kabupaten Purworejo, Sumharjono, S.Sos, menegaskan, setelah dilantik 85 kades baru bakal menjalani pembekalan (pelatihan) mengenai tugas dan kewenangan kepala desa, tanggal 22 Desember di Kebumen.

"Kades baru juga sudah harus membuat Surat Pertanggungjawaban (SPJ) anggaran pada akhir tahun 2017. Meskipun faktanya bukan pelaksana program, namun secara yuridis dan hukum administrasi, kades yang baru harus membuat SPJ,"katanya.

Sumharjono minta agar kades baru melakukan koordinasi dengan pejabat desa yang digantinya, Baperdes serta pendamping desa.

Sumraharjono juga memberikan tugas awal tahun, agar transparansi program dan keuangan harus dibuatkan Infografis dalam bentuk baliho, yang memuat hasil pelaksanaannya.

"Semua harus transparan, sebagai pertanghungjawaban kepada publik," imbuhnya.

Sementara itu Bupati Purworejo, Agus Bastian berharap agar kepala desa bekerja sesuai aturan, tanggungjawab dan lebih konsen pada pelayanan publik untuk kesejahteraan rakyat. 

Selai itu Bupati berharap agar kades bisa menjadi figur panutan, dan agar bisa menjadi tauladan. Termasuk tanggungjawab secara moral dan di hadapan hukum terhadap seluruh pengelolaan dana desa yang diterima. (STS)

Sumber Repost : Purworejonews.com

Iklan

×
Berita Terbaru Update