Notification

×

Iklan

Lahan Pertanian Bertambah Luas, Produksi Padi Setahun Bisa Mencapai 766.000 Ton

Selasa, 02 Januari 2018 | 13:36 WIB Last Updated 2018-01-02T06:36:02Z
Lahan Pertanian Bertambah Luas, Produksi Padi Setahun Bisa Mencapai 766.000 Ton 
 

Purworejo,(purworejo.sorot.co)--Luas lahan persawahan di Kabupaten Purworejo sepanjang tahun 2017 mengalami peningkatan. Luas lahan yang pada tahun sebelumnya seluas 57.899 Ha, hingga akhir tahun ini menjari 62.842 Ha.
Hal ini menjadikan sektor pertanian di Purworejo cukup membanggakan. Selain bertambahnya luas lahan, produktifitas lahan juga secara otomatis akan semakin meningkat.
"Untuk tahun 2017 mengalami luas realisasi tanam ada peningkatan sejumlah 5 persen, selain itu kami sudah melakukan upaya peningkatan produksitifitas di setiap hektarnya," ucap Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan melalui Kabid Tanaman Pangan dan Harti Kultura Eko Anam, Minggu, (31/12/2017).
Sebelumnya setiap hektar lahan hanya menghasilkan sekitar 5,6 ton. Namun kini, setiap hektar lahan mampu menghasilkan sampai 6.1 ton. Jadi jika dihitung dalam waktu satu tahun, Purworejo mampu memproduksi padi sampai 766.672,4 ton. Jumlah ini didapat apabila setiap tahun hanya melakukan panen dua kali saja. 
"Selalu kita upayakan peningkatan, syukur-syukur tahun depan mampu 7-8 ton per hektar," imbuhnya.
Sementara untuk daerah lumbung padi di Kabupaten Purworejo, Eko menjelaskan, ada 8 kecamatan, antara lain Purwodadi, Ngombol, Banyuurip, Grabag, Butuh, Pituruh, Kutoarjo dan Bayan.
"Karena memang kondisi tanah dan perairan di Kecamatan tersebut cukup mendukung," terangnya.
Lebih lanjut Eko mengatakan, keberhasilan ini berkat kerjasama dari beberapa elemen termasuk TNI dan pemerintah desa maupun kecamatan setempat. Sudah sejak dua tahun terakhir pihaknya selalu mengupayakan peningkatan di wilayah pertanian.
"Upaya ini dalam rangka swasembada pangan dan kami pastikan akan berlanjut ke tahun selanjutnya," pungkasnya.

Penulis : Dana Nur
Sumber Repost : purworejo.sorot.co

Iklan

×
Berita Terbaru Update