Notification

×

Iklan


Gelar Merti Desa, Pamriyan Akan Sajikan Ribuan Ayam Panggang

Tuesday, 10 July 2018 | 12:00 WIB Last Updated 2018-07-10T05:04:23Z
Foto Ayam Panggang Merti Desa Pamrihan (Sumber Foto : syarifzeroseni.blogspot.com)

PAMRIYAN, (pituruhnews.com) Sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh akan menggelar tradisi merti desa, pada hari Rabu tanggal 18 Juli 2018 mendatang. Selain mengarak puluhan ancak/ambeng yang berisi ribuan ayam panggang dan hasil bumi, merti desa akan dimeriahkan pertunjukan seni tradisional tayub.

Kepala Desa Pamriyan Budi Susilo mengungkapkan bahwa tradisi merti desa merupakan agenda tiga tahunan, yang sudah dilakukan secara turun temurun sejak nenek moyangnya. “Tradisi ini merupakan ungkapan terimakasih, permohonan untuk keselamatan desa sekaligus doa agar panen berikutnya lebih baik,” ungkapnya.

Dijelaskan Selasa, 10/07/2018 dalam merti desa besok, akan diikuti 8 dusun yang ada, dengan jumlah total ancak/ambeng sebanyak 47 buah. Masing-masing ambeng/ancak berisi ratusan ayam panggang, sehingga diperkirakan jumlah ayam panggang mencapai 4 ribu ekor. “Ancak/ambeng itu akan dikumpulkan di balai desa, setelah prosesi selesai dilaksanakan kemudian dibagikan kepada warga desa sekitar dan tamu undangan,” katanya.

Kepala Desa Pamriyan Bapak Budi Susilo

Menurut Budi, dua hari sebelum prosesi merti desa dilaksanakan, para sesepuh desa akan  mengunjungi seluruh punden atau tempat-tempat yang dikeramatkan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo AP menambahkan, Desa Pamriyan merupakan rintisan desa budaya. Selain mengeksplorasi potensi budaya di desanya, Desa Pamriyan diharapkan juga bisa mendorong dan menggali potensi budaya yang ada di desa-desa sekitarnya. (ltf-joe)

Iklan

×
Berita Terbaru Update