Notification

×

Iklan

Tapen Wakili Lomba Tingkat Provinsi

Wednesday, 5 September 2018 | 22:28 WIB Last Updated 2018-09-05T15:54:50Z
Meninjau Lumbung Padi Desa Tapen

TAPEN, (pituruhnews.com) Demi mewujudkan Ketahanan Pangan dan Kesejahteraan Masyarakat Desa Tapen, Kecamatan Pituruh, Purworejo dengan melalui lumbung padi “Maju Makmur".

Tim dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Tengah melaksanakan Evaluasi Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara (APN) dengan langsung menurunkan juri yaitu Ir. Harsono, Ir. Agus Mugio untuk menilai kinerja lumbung padi di Desa Tapen, Kecamatan Pituruh.


Lumbung Padi "Maju Makmur" ini didirikan pada tahun 1998 dengan anggota di tahun pertama berjumlahkan 78 anggota.

Kurang lebih 20 tahun berjalan lumbung padi yang ada di Desa Tapen meningkat dua kali lipat berjumlah 148 anggota di tahun 2018.

"Kabupaten Purworejo memiliki 47 lumbung padi yang tersebar di 16 kecamatan. Kami memilih Desa Tapen ini untuk dijadikan Evaluasi Penghargaan Adikarya Pangan Nusantara karena perkembangannya bagus dari segi anggota dan perkembangannya. Mulai dari berdirinya lumbung sampai saat ini meningkat pesat, dengan usia 20 tahun berdirinya lumbung ini sangat luar biasa, dengan pengelolaan, organisasi kelembagaanya yang patut di apresiasi. Namun kalau pengelolaannya biasa, tidak mungkin bisa bertahan sampai saat ini. Untuk pengelolaan administrasinya juga selalu terbuka kepada semua anggotanya. Di Kabupaten Purworejo terdapat 3 tempat yang bagus untuk dijadikan evaluasi, namun dari pihak dinas memilih Desa Tapen" Ujar Kepala Bidang Pangan Kabupaten Purworejo Ibu Ir. Elly Nurul Setyawati, MM.


Kriteria penilaian diantaranya adalah kelengkapan administrasi, perkembangan, jumlah anggota dan solidaritas.

Acara evaluasi ini dihadiri oleh Kasi Ketersedian dan Kerawanan Pangan Kabupaten Purworejo bapak Pak Wakijan, SP, MAP, Ratih Asri, SP,  Camat Pituruh Ibu SIti Choeriyah, S.STP MM, Kepala Desa Tapen Supri Haryadi, dan anggota Gapoktan lumbung padi "Maju Makmur".

Dalam Evaluasi Adikarya Pangan Nusantara terdapat 7 kategori lomba, namun untuk Kabupaten Purworejo hanya mengusulkan 4 kategori, yaitu Lumbung Padi, Pengembangan Usaha Pangan, Pelopor Ketahanan Pangan, dan Olahan Pangan Lokal.


Kapala Desa Tapen Supri Haryadi menyampaikan terimakasih, karena dengan adanya Evaluasi Adikarya Pangan Nusantara untuk kategori lumbung padi. beliau sangat mendukung acara tersebut dengan harapan lumbung padi Desa Tapen ini semakin maju dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Tapen. Dengan terpilih menjadi perwakilan dari Kabupaten Purworejo ditingkat Provinsi, merupakan kebanggaan tersendiri bagi Desa Tapen khususnya, dan untuk Kecamatan Pituruh pada umumnya.

Hasil evaluasi ini akan diumumkan saat Hari Pangan Sedunia  pada tanggal 29 Oktober 2018 di Blora. (ltf-bay-njb)

Iklan

×
Berita Terbaru Update