Notification

×

Iklan

Maulid Nabi Muhammad dan Khaul Simbah Kyai Abdurrohman Dukuh Keborangan Desa Girigondo

Sunday, 25 November 2018 | 18:42 WIB Last Updated 2018-11-25T11:42:23Z
Saat Mubaligh mengisi maidhotul hasnah / Foto Purwanto
GIRIGONDO, (pituruhnews.com) - Ratusan umat muslim menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Khaul Ulama di Desa Girigondo. Khaul ini dalam rangka memperingati Khaul Simbah Kyai Abdurrohman Girigondo tahun 1440 H/2018 M, diselenggarakan di Musholla Baiturrahman dukuh Keborangan desa Girigondo. Minggu, 25/11/2018.

Khaul ini disi oleh mubaligh  Kyai Agus Muhammad Amir Khilal Pengasuh Pondok Pesantren Darunnajah sebagai mauidhotul hasanah dari Lengkong Purworejo.

Acara khaul ini terbuka untuk umum, dari berbagai kalangan meliputi Kepala Desa beserta Perangkat, Masyarakat Sekitar, Tokoh Masyarakat, Jamaah NU, Muslimat, Fatayat, Ansor, dan Karang Turana.

Mauludan dimaknai peringatan lahirnya Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh pembawa Agama Islam, tokoh perjuangan Islam dalam menyebarkan ajaran Islam. Sedangkan Khaul dimaknai peringatan wafatnya tokoh perjuangan Islam dalam menyebarkan ajaran Islam selain mendoakan juga untuk dijadikan suri tauladan generasi penerus.
Jamaah Khidmad pada saat acara khaul / Foto Purwanto
Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Haul Kyai Abdurrohman merupakan agenda tahunan. Maulid dan Khaul ini diselenggarakan oleh Panitia Khaul Kyai Abdurrohman yang diketuai oleh Kyai Hasan Munajat.

Diawali dengan pentas Hadroh Nurul Mustofa dari Dukuh Keborangan Desa Girigondo. Dilanjutkan tahlil, sambutan Ketua panitia, bacaan ayat suci Al-Quran dan terakhir mauidhotul hasanah Kyai Agus Muhammad Amir Khilal dari Lengkong Purworejo.

Sebagaimana dikutip dari pemaparan Muballigh ini, Kyai Agus Muhammad Amir Khilal menyampaikan peringatan maulid nabi ini memaknai bahwa Hari Lahirnya Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh pembawa agama dan ajaran Islam, dengan memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW tersebut semoga kita semua mendapatkan syafat di dunia akhirat.
Berjalannya khaul / Foto Purwanto
"Sedangkan Khaul dimaknai peringatan wafatnya tokoh perjuangan Islam dalam menyebarkan ajaran Islam. Dan peringatan Haul berfungsi untuk mengingat kematian, artinya bahwa kita semua pasti akan mati maka kita harus mempersiapkan bekal untuk kehidupan yg kekal di akhirat nanti" Katanya.

Dalam acara ini jamaah dengan khidmad mengikuti dari awal acara hingga akhir.

Penulis : Purwanto
Editor : ALK

Iklan

×
Berita Terbaru Update