Notification

×

Iklan


Jelang Pilkades Serentak, Sebanyak 1000 Personil Gabung Siap Amankan berjalannnya Pilihan Kepala Desa

Selasa, 29 Januari 2019 | 22:50 WIB Last Updated 2019-01-29T15:50:06Z
Apel Kesiapan Pengamanan Pilkades Serentak
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Jelang pelaksanaan Pilihan Kepala desa (Pilkades), Sebanyak 1000 personil gabungan Pemda, Kodim dan Polres siap mengamankan berjalannnya Pilihan Kepala Desa (Pilkades), pada 31 Januari 2019 mendatang. 

Kesiapan itu diawali kegiatan Apel Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan Pilkades Serentak Kabupaten Purworejo tahun 2019. Bertindak sebagai Inspektur upacara Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangunsong SH SIK.

Apel yang digagas Satuan Polisi Pamong Praja Pemadam Kebakaran (satpol PP Damkar) Kabupaten Purworejo tersebut, berlangsung di jalan Proklamasi Purworejo (Depan Setda) pagi ini Selasa (29/1). Hadir Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala Satpol PP Damkar Budi Wibowo SSos MSi, Kepala OPD, Camat, dan dinas isntansi terkait. 
Apel Kesiapan
Kapolres yang membacakan sambutan Bupati mengatakan, apel ini sangat positif sebagai salah satu wujud kesiapan dan antisipasi kita menghadapi pelaksanaan Pilkades serentak di 343 desa. Seperti kita ketahui bersama, pada tanggal 31 Januari esok, akan dilaksanakan pemungutan suara Pilkades. Pilkades merupakan momentum untuk memperkuat partisipasi masyarakat dan konsolidasi demokrasi, dimana masyarakat mempunyai peranan penting dalam menentukan arah kebijakan pemerintah desa. Untuk itu dihimbau kepada semua unsur yang terlibat, untuk mendukung suksesnya pelaksanaan pilkades. 

Dikatakan, Pilkades memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi dan berpotensi menimbulkan konflik horizontal, karena masyarakat pemilih yang mungkin berbeda pilihan itu berdomisili di desa yang sama. Oleh karena itu, warga desa harus diberikan pemahaman dan kesadaran, untuk bisa menghormati pilihan warga desa lainnya dan menerima hasil pilkades dengan legowo.

“Masyarakat harus diberikan pengertian agar tidak mudah terpengaruh oleh hasutan atau fitnah yang dapat menimbulkan keresahan. Kalah dan menang dalam sebuah mekanisme yang demokratis adalah hal biasa yang harus disikapi secara bijaksana,” paparnya.

Peserta apel diminta, agar bersikap netral dalam melakukan pengamanan pilkades, sehingga seluruh masyarakat bisa merasa nyaman dalam memberikan suaranya. Apabila muncul persoalan di lapangan, agar segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait yang berwenang, agar persoalan bisa terselesaikan dengan baik.
Kapolres saat menyapa pasukan apel
Kapolres menambahkan diluar teks, tentang perlunya petugas dilapangan dalam melakukan pengamanan sesuai SOP.  Masing-masing Kapolsek supaya menjelaskan dan mencatat apa yang perlu dilakukan. Sehingga tidak bingung dalam melakukan pengamanan. “Jika terjadi permasalahan saat Pilkades, segera sampaikan ke pimpinan untuk secepatnya diselesaikan. Jangan ada intimidasi saat pelaksanaan. Kita harapkan bejalan aman dan lancar yang dapat kita teruskan pada Pilpres Pileg mendatang,” harap Kapolres. 

Kasat Pol PP Damkar Budi Wibowo usai upacara menjelaskan, peserta apel sebanyak 1000 personil antara lain, TNI 100, Polri 400, Satpol 100, dan linmas 200. Tujuannya untuk mengetahui jumlah personil untuk kssiapansiagaan dalam pengamanan Pilkades serentak. Dengan harapan, akan dapat tercipta situasi yang kndusuif. Sedangkan tugasnya muali hari ini Selasa sampai dengan Kamis (29 – 31/1). 

“Setelah pelaksanaan apel ini, masing-masing personil agar segera bergeser menempatkan diri di pos tugasnya masing-masing. Nantinya dalam bekerja akan dikoordinir  Polres. Petugas akan melaksanakan tugas nonstop melekat pada desa yang Pilkades,” jelas Budi Wibowo saat ditemui usai pelaksaaan Apel. (pr)

Iklan

×
Berita Terbaru Update