Notification

×

Iklan

Mernarik, 4 Pasang Calon Kades dikecamatan Pituruh adalah Pasutri

Friday, 25 January 2019 | 07:59 WIB Last Updated 2019-01-25T00:59:31Z
Calon Kepala Desa Pasutri Desa Luwengkidul
PITURUH, (pituruhnews.com) - Dari 96 calon kepala desa dikecamatan Pituruh, hanya empat desa yang menarik perhatian masyarakat, Pasalnya, kontestasi yang dilaksanakan pada 31 Januari mendatang bakal diikuti sejumlah pasangan suami istri (pasutri). Mereka akan bertarung merebutkan kursi kepala desa. Kamis, 24/1.

Untuk calon kepala desa yang pasangan suami istri yaitu Desa Dlisenkulon pasangan Sukarman dengan Kartiningsih, Tunjungtejo pasangan Suhariyono, S.Kom dengan Endah Ratnawati, Luwengkidul pasangan Muhasim dengan Marwiyah dan Tersidikidul pasangan Rahmat Rariyo.

Salah satu calon kepala desa pasutri Muhasim mengatakan, kalau ada warga yang mendaftar menjadi salah satu kandidat calon kepala desa, tidak akan menjadi calon kepala desa pasangan suami istri.

Untuk pemilihan ini murni diserahkan kepada warga masyarakat sendiri. "Berharap dengan menjadi kandidat calon kepala desa dengan bisa mengembangkan potensi desa, serta dengan harapan mengabdi kepada masyarakat," Ucapnya.

"Dari hasil rekap ada 35 pasutri di 9 kecamatan yang ikut pilkades,sementara di 7 kecamatan lain belum ada data terperinci. Ada kemungkinan tambah," Ungkap Kepala Bidang Kapasitas Kelembagaan Administrasi dan Sistem Informasi Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Purworejo, Puguh Trihatmoko, usai kegiatan Deklarasi Damai di pendopo, Selasa Kemarin (22/1).
gambar spanduk calon kepala desa Tunjungtejo pada saat akan ditempelkan 
Puguh menjelaskan, bahwa pelaksanaan pilkades serentak kali ini mengharamkan calon kades tunggal. Artinya, calon peserta pilkades tidak boleh lagi disandingkan dengan kotak kosong seperti pilkades lalu. Guna memenuhi kuota itu, panitia sempat memperpanjang waktu pendaftaran di beberapa desa yang kekurangan jumlah peserta. "Sesuai perda tidak ada calon tunggal atau musuh kotak kosong. Minimal dua dan maksimal calonnya ada lima orang dalam pilkades ini," ujarnya.

Hal ini mengundang perhatian Bupati Purworejo pada saat Deklarasi Damai, Selasa (22/1), dalam arahannya kepada calon kades Bupati meminta pasutri yang akan bertarung tetap menjaga kerukunan selama tahapan pilkades berlangsung. Dengan nada gurauan, Bupati meminta jangan sampai moment pilkades membuat retak bahtera hubungan rumah tangga.

"Jangan nanti istrinya tidak jadi terus bapaknya tidak mendapat jatah," kata Bupati 

Pilkades ini serentak sebanyak 343 desa di 16 kecamatan, yang diikuti 843 peserta, mereka terdiri dari 106 calon kades perempuan dan dan 737 calon kades laki-laki. Untuk calon kepala desa dikecamatan Pituruh sebanyak 81 calon laki-laki dan 5 calon perempuan.

Iklan

×
Berita Terbaru Update