Notification

×

Iklan


Wow !!! 843 Calon Kades Gelar Deklarasi Pilkades Damai di Pendopo Kabupaten Purworejo

Tuesday, 22 January 2019 | 21:39 WIB Last Updated 2019-01-22T14:42:28Z
Deklarasi Damai / Foto Mas Pur
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Sebanyak 843 calon Kepala Desa dari 343 Desa se-kabupaten Purworejo menggelar deklarasi damai untuk mewujudkan Pilkades yang damai sejuk dan nyaman pada pilkades serentak 31 Januari 2019 mendatang. Acara tersebut bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa, (22/1).

Dari 843 calon kepala desa, 96 calon kepala desa dikecamatan Pituruh mengikuti deklarasi. Pada acara deklarasi, calon kepala desa menyatakan sikap terkait kegiatan Pilkades. Di antaranya, calon kades sepakat siap untuk terpilih dan tidak terpilih dalam pilkades. Akan senantiasa mematuhi dan melaksanakan peraturan perundangan yang berlaku dengan mengedepankan etika dan moralitas selama pelaksanaan Pilkades.

Tidak akan melakukan black campaign, money politic, menyebarkan isu SARA dan berita hoax. Bersedia menciptakan situasi kamtibmas yang aman, nyaman dan sejuk dalam pelaksanaan Pilkades.
Calon kades saat diacara deklarasi / Foto Mas Pur
Deklarasi damai calon kades ini juga dibarengi penandatanganan pernyataan bersama diwakili oleh 16 orang calon kades dari seluruh kecamatan.

Bupati Purworejo Agus Bastian, dalam sambutannya menekankan kepada seluruh calon kepala desa bersatu mensukseskan gelaran Pilkades. Calon kades diminta siap menang dan siap kalah. Mereka juga diminta untuk tidak menghalalkan segala cara, termasuk tidak melakukan money politik. 

"Saya minta kepada calon kades tidak saling sikut, black campaign serta tidak melakukan money politic. Sekarang hampir disemua pemilihan ada praktik money politic, tapi saya minta di Purworejo Pilkades jangan sampai bersentuhan dengan politik uang, politik dengan biaya tinggi," Ucapnya.

Dan benar-benar mempelajari memahami dan mentaati tata tertib yang sudah dibuat oleh panitia, maupun ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. "Sehingga pada saatnya nanti tidak muncul persoalan akibat kurang memahami aturan main yang telah ditentukan." Katanya.

"Jika muncul persoalan bisa diantisipasi sedini mungkin dan dipecahkan secara bijak sesuai aturan yang berlaku tanpa menimbulkan gejolak" Ucapnya.
Forkompimda Purworejo / Foto Mas Pur
Sementara itu calon kepala desa Polowangi Nurida Umiyati Utami mengatakan, adanya deklarasi ini bisa memahami peraturan sebelum dan sesudah berjalanya pilkades.

"Sehingga berjalannya pilkades ini bisa aman, damai dan kondusif tanpa timbulnya permasalahan" Ujarnya.

Malik Khairul Anam calon kepala desa Megulungkidul menambahkan, adanya deklarasi ini agar pilkades bisa berjalan dengan aman, damai, jujur dan transparan. Serta melahirkan kades-kades yang amanah.

Penulis : Mas Pur
Editor : ALK
×
Berita Terbaru Update