Notification

×

Iklan

Demi Meningkatkan Perekomian Masyarakat, Tim Penggerak PKK Desa Semawung Ikuti Pelatihan Merajut Berbahan Limbah Plastik

Sunday, 23 June 2019 | 22:05 WIB Last Updated 2019-06-23T17:10:47Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Demi meningkatkan perekomian masyarakat Dusun Jatisalam RT/RW 03/07 No. 11 Desa Semawung, Kecamatan Purworejo. Kepala Desa Semawung Samud Purnomo mengadakan pelatihan merajut berbahan limbah plastik.

Pelatihan ini dilaksanakan selama 4 hari dari Selasa, 11/06/2019 sampai Jum'at, 14/06/2019. Peserta yang mengikuti pelatihan Tim Penggerak PKK Desa Semawung dan warga masyarakat yang berminat mengikuti pelatihan ini dengan peserta kurang lebih 30-40 orang, serta Komunitas Rajut Purworejo.
Saat Pelatihan Merajut
Narasumber pelatihan ini yaitu Emak Ncie asal Bandung, ia merupakan mantan seorang ASN berjiwa sosial tinggi, yang sudah berkeliling 29 pulau dengan mengunjungi 1.000 desa di Indonesia untuk mengadakan pelatihan merajut berbahan limbah plastik.

Ari Arianti Tim Penggerak PKK Desa Semawung mengatakan, dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyrarakat memahami limbah sampah plastik, jika dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi hasil karya yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

"Pelatihan ini dapat menambah penghasilan tambahan terutama ketika belum masim panen. Karena sampah plastik tidak bisa diurai dalam kurun waktu yang cepat, maka dari itu kita memanfaatkannya dengan cara mendaur ulang sampah plastik ini, " ujarnya Minggu, 23/06/2019 siang.
Tas Rajutan dan Pot Bunga dari Limbah Sampah Plastik
Kepala Desa Semawung Samud Purnomo mengungkapkan, sangat mengapresiasi antusias dari kegiatan pelatihan merajut. 

"Saya sangat mensupport dan dengan harapan bisa memotivasi ibu-ibu PKK supaya memiliki produk pengambangan berbahan limbah plastik ini," ucapnya.

Selama pelatihan, peserta sangat antusias mengikuti rangkaian acara, mulai dari cara menggunting plastik, menggulung plastik dan memulai rajut. Berbagai teknik diajarkan hingga menjadi sebuah karya yang berbentuk, tas, dompet, dan cover termos minum.

"Dari pelatihan singkat ini para peserta diharapkan bisa memiliki produk masing-masing, sehingga peserta dapat menuangkan ilmunya selama mengikuti pelatihan, " imbuhnya.
Narasumber Pelatihan Merajut Bahan Limbah Sampah Plastik
Selain tim penggerak PKK, antusias dari pelatihan ini juga diikuti oleh perangkat desa Semawung, dibuktikan dengan rajutan dari salah satu perangkat desa yaitu Aris Setya Winoto yang merupakan Kepala Dusun Jatisalam, Desa Semawung. Ia sudah memiliki banyak karya merajut berbahan limbah plastik, " pungkasnya. (ltf)

Iklan

×
Berita Terbaru Update