Notification

×

Iklan

Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Pituruh, Gelar Bursa Inovasi Desa

Friday, 26 July 2019 | 09:47 WIB Last Updated 2019-07-26T02:47:42Z
PITURUH, (pituruhnews.com) - Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Pituruh menggelar acara Program Inovasi Desa yaitu Bursa Inovasi Desa di Aula Kecamatan Pituruh, Rabu, 24/07/2019.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinpermades Kabupaten Purworejo Agus Ari setiyadi, S.Sos, Camat Pituruh diwakili oleh Kasi Ekobang Turasno, S.IP MAP,  TA P3MD Ida Nuraini, Danramil/09 Pituruh Kapten Infanteri Maryono, Anggota Polsek Pituruh Aiptu Sugiyanto, Ketua Tim Pelaksana Inovasi Desa Jemu Indratmoko beserta anggota,  Pendamping Desa Moh Malik, Pendamping Lokal Desa Kecamatan Pituruh, serta 49 kepala desa se-Kecamatan Pituruh dan 3 orang setiap desanya.
Peserta 
Bursa Inovasi Desa ini dibuka penampilan dari Kesenian Kuda Kepang Anak "Turonggo Mudho" Desa Prigelan dan Tarian, serta produk usaha dan kerajinan yang diinovasi Tim Pelaksana Inovasi Desa Kecamatan Pituruh, antara lain Batik Tulis Warna Alami dari Megulungkidul, Pengolahan Kopi Pamriyan, Gunung Kembang Kaligondang, Kecap Tradisional "Salwa" Luwengkidul, Kerajinan Tas Talikur Pituruh, Cetak Cor Beton Untuk Irigasi Dlisenkulon, Produksi Jipang Luwenglor, Kerupuk Singkong "Opek" Sawangan, Produksi Peci Blekatuk, Karya Lukis Seni Titik Karanganyar,Bumdes Hanulodho (Pakarti Bumi) Ngampel, Alat Pertanian (mesin perontok dan pemotong padi) Prigelan.

Kepala Dinpermades Kabupaten Purworejo Agus Ari setiyadi, S.Sos mengatakan, ada program inovasi desa dari pemerintah, dalam rangka untuk upaya peningkatan kualitas dan dana desa.

"Dengan adanya program inovasi desa diharapkan bisa mempunyai ide-ide tertentu. Ini sudah saatnya desa mempunyai rencana yang bertujuan untuk dana desa semakin berkualitas dan efektif. Adanya beberapa desa yang sudah memunculkan ide-idenya, bisa menular ke desa-desa yang lain, karena setiap wilayah mempunyai potensi tersendiri, " ucapnya.
saat meninjau produk inovasi
Jemu Indratmoko menambahkan, terimakasih kepada rekan-rekan yang sudah membantu dalam pelaksanaan Bursa Inovasi Desa, semoga semakin sukses dan bermanfaat untuk desa, dengan adanya kegiatan inovasi ini. Karena kegiatan sangan membantu dalam pengaplikasian potensi yang ada didesa, dengan pemanfaatan dana desa yang optimal, efektif dan efisien.

"Semoga kegiatan inovasi ini keberlanjutan, serta bisa menambah dan meningkatkan perekonomian warga khususnya didesa, " ujarnya.

Sementara itu Ida Nuraini mengatakan, kegiatan ini merupakan ajang pertukaran informasi kegiatan yang ada didesa. Ini adalah suatu layanan ataupun infomasi kegiatan inovatif yang tercapture dalam menu-menu.

"Pelaksanaan ini sangat luar biasa sekali, animo dan atensi masyarakat yang sudah ikut dalam acara ini. Dari kegiatan ini berharap desa-desa mempunyai komitmen, bahwa desa tersebut akan mereplikasinya, " pungkasnya. (ltf)
×
Berita Terbaru Update