Notification

×

Iklan

Ratusan Warga Seren Gelar Acara Suran di Tengah Jalan Umum Yang Sedang Dibangun

Tuesday, 3 September 2019 | 18:00 WIB Last Updated 2019-09-03T11:24:09Z
GEBANG, (pituruhnews.com) - Sambut Tahun Baru Islam 1441 H, Warga Seren gelar Grebeg Tumpeng di jalan umum desa setempat.

Tepat pada 1 September 2019 merupakan hari dimana umat Islam seluruh dunia merayakan tahun baru Islam yang ke- 1441H, atau yang sering orang Jawa sebut dengan istilah Suran.

Ratusan warga Dusun Manis Jangan, Desa Seren, Kecamatan Gebang tumpah ruah memadati jalan dengan kepanjangan kurang lebih sejauh 160 meter, dan kebetulan jalan ini masih dalam proses pembangunan.

Selain menyambut tahun baru Islam, acara ini sekaligus dalam rangka Tasyakuran warga sekitar atas datangnya bulan suro di tahun ini, acara ini digelar pada hari Sabtu, 31/08/2019 atau malam satu Suro.
Warga Seren sambut tahun baru islam
Dikatakan, Kepala Desa Seren Lukmanto kegiatan seperti ini perlu didukung agar tetap digelar setiap tahunnya. Ini merupakan pertama kalinya diadakan didesa Seren, dan desa Seren bisa menjadi pelopor untuk desa-desa lainnya.

Sunardi, selaku Kepala Dusun sekaligus panitia berharap kegiatan seperti ini diadakan secara rutin setiap tahun, khususnya menjelang sasi Suro tiba.

"Rangkaian acara ini dimulai dengan bacaan tahlil yang dipimpin oleh Kyai Maskuri," pungkasnya. (lt)
×
Berita Terbaru Update