Sambut Tahun Baru Islam, Grup Kencreng Pituruh Ikut Pawai Ta'aruf di Kabupaten Purworejo

Advertisement
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharam 1441 Hijriyah, Ribuan umat islam mengikuti pawai taaruf guna memperingati datangnya tahun baru Islam, Sabtu siang, 31/08/2019.

Pawai yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan dan Olahraga (Dindikpora) Kabuputen Purworejo. Acara ini diikuti oleh puluhan kelompok peserta mulai dari siswa PAUD, SD, hingga Pondok Pesantren.
peserta
Rute pawai diawali dari Lapangan Garnisun, melewati kantor Bupati, dan melintas Jalan Kartini untuk selanjutnya berakhir di Lapangan Garnisun. Pawai juga dimeriahkan iringan marcing band lengkap dengan barisan pasukan pembawa bendera merah putih. Musik hadrah yang mengiringi lantunan shalawat juga menambah suasana menjadi semarak.

Pawai dilepas secara resmi oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian SE MM didamping Forkopimda dan sejumlah pejabat OPD. 

Sebelum melepas pawai Kepala Dindikpora Sukmo Widi,  memberikan sambutan sebagai ungkapan apresiasi dan terimakasih kepada seluruh kontingen yang ikut berpartisipasi dalam pawai ta'aruf.

“Selain rasa terimakasih kami, melalui momentum ini, marilah kita mengambil hikmah dari semangat peringatan Tahun Baru Hijriyah ini, yaitu semangat untuk meninggalkan hal-hal yang buruk menuju kepada yang lebih baik,” ucapnya.
perwakilan Pituruh
Acara Pawai Taaruf ini diikuti 67 kelompok peserta taaruf, dari Taman Kanak-kanak sampai tingkat SMA/sederajat. Tidak hanya sekolah formal saja yang mengikuti Pawai Taaruf, Pondok Pesantren, Madrasah Diniyah, serta Taman Pendidikan Al-Quran pun juga ikut meramaikan.

Perwakilan kecamatan Pituruh yang diajukan oleh Kantor Urusan Agama (KUA) kecamatan Pituruh, yaitu Grup Kencreng yang berasal dari Desa Megulunglor.

Sementara itu, Muh Yasir, ketua grup kencreng mengungkapkan merasa senang bisa mengikuti pawai ta'aruf ini. 

Selain menyambut tahun baru islam, juga mengenalkan salah satu kesenian yang dipunyai kabupaten Purworejo.

"Berharap dengan diadakan pawai ini diawal tahun baru islam, kita bisa meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan kebersamaan antara umat islam, " pungkasnya. (lt)
Baca Juga
Advertisement
Advertisement