-->

Notification

×

Iklan


TP PKK Kecamatan Kemiri, Gelar Pelatihan Pemulasaraan Jenazah di Desa Paitan

Friday, 22 November 2019 | 18:45 WIB Last Updated 2019-11-22T11:45:55Z
KEMIRI, (pituruhnews.com) - TP PKK Desa Paitan Kecamatan Kemiri, mengadakan Pelatihan Pemulasaraan Jenazah bertempat di Aula Desa Paitan, Kemiri, Kamis, (21/11/2019).

Kegiatan ini dimulai pukul 10.00 s.d 13.00 dengan mendatangkan Narasumber dari KUA Kecamatan Kemiri, yaitu dari Tim Penyuluh Agama Islam Fungsional. Acara dihadiri Kepala Desa Paitan Suroto, Ketua PKK Lasinah, Penyuluh Ika Damayanti, Muchammad Ruchin, Aan Muta'alim. Pelatihan diikuti oleh 30 peserta yang merupakan pengurus dan anggota inti TP PKK Desa Paitan

Kepala Desa Paitan, Suroto dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang positif dan sangat penting, karena nantinya cukup membantu dan meningkatkan skill ibu-ibu khususnya, dan umumnya semua warga Desa Paitan jika ada yang meninggal dunia berjenis kelamin perempuan mampu merawat jenazahnya.
pemeparan dari narasumber
Muchammad Ruchin, narasumber mengatakan, sebaiknya tatkala saat sakaratul maut (menjelang ajal), alangkah baiknya bagi putra putrinya atau orang disekitarnya supaya sesegera mungkin untuk menuntun membacakan kalimat-kalimat Tayyibah atau Syahadat.

"Upaya tersebut semata-mata memohon kepada Allah swt supaya orang tersebut meninggal dunia dengan predikat Khusnul Khatimah, " ucap Ruchin sebagai pengantar materi.

Dikatakan Ruchin, setelah ruh dicabut, Tajhizul Mayyit atau Merawat Mayat sebagaimana tuntunan Syariah Islam ala Thoriqoti Ahlussunnah Waljama'ah adalah yang pertama memandikan sekaligus mewudhukan mayat persis seperti wudhunya orang yang hidup, baik rukun dan syaratnya. Kedua mengkafani mayat, mensholati mayat, menguburkan (pemakaman jenazah).

"Tata cara tersebut, selain mati syahid atau bayi prematur, " imbuhnya.

"Sebelum acara selesai, diadakan sesi tanya jawab seputar pemulasaraan jenazah dengan aktif disertai antusiasme peserta, berharap kepada peserta yang ikut pelatihan ini supaya mengembangkan dan menularkan kepada wilayah atau RW masing-masing, karena tadi kita semua sudah praktik secara langsung dibimbing bapak / ibu penyuluh KUA Kemiri, " tutup Lasinah Ketua TP PKK Kecamatan Kemiri. (lt)
×
Berita Terbaru Update