-->

Notification

×

Iklan


Pertama di Purworejo, Orkestra "Joglo Symphony" Warnai Smandasa's Got Talent Season #3

Sunday, 22 December 2019 | 09:46 WIB Last Updated 2019-12-22T04:45:44Z
KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Pagelaran Orkestra "Joglo Symphony" dalam acara Smandasa's Got Talent Season #3 merupakan sebuah acara ujian praktik Seni Budaya siswa SMA N 10 Purworejo yang dikemas sedikit beda dengan tahun sebelumnnya.

Orkestra "Joglo Symphony" ini pertama kalinya digelar di Kabupaten Purworejo, dengan mengikuti sebanyak 91 personil. Smandasa Got Talen Season #3 juga mengundang guest star Diandra Aruna Mahira, dan Nocturnal Guitar Quartet.

Tidak hanya itu, selain Orkestra "Joglo Symphony" Smandasa Got Talent juga menampilkan ensemble musik dari grup siswa ujian praktik seni budaya, yang digelar di Halaman SMA N 10 Purworejo, Sabtu, 21/12/2019. 

Acara ini dihadiri Kepala SMA Negeri 10 Purworejo, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. BI, anggota DPRD Kabupaten Purworejo Luhur Tri Endro Sadewo, SP, Camat Pituruh Yudhie Agung Prihatno, S.STP, Sastrawan Purworejo Sumanang Tirtasujana.
orkestra joglo symphony
Kepala SMA Negeri 10 Purworejo, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. BI mengatakan bahwa Smandasa Got Talent Season #3 ini merupakan serangkaian ujian praktik mata pelajaran Seni Budaya, dengan menggelar pentas seni yang seluruh pesertanya siswa kelas XII.

Dengan dikemas menjadi sebuah peform yang cukup besar, yang bertujuan untuk melatih anak-anak kami memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan memberikan pengalaman yang berharga semasa mereka masih di SMA untuk bermusik.

"Ini merupakan sebuah agenda tahunan yang kita laksanakan setiap tahun sekali di akhir semester 1, yang pesertnya seluruhnya kelas 12 untuk kelas 10 dan 11 membantu pelaksanaan acara, " ucapnya.

"Saya berharap penyelenggara kegiatan ini bisa menjadikan entrepreneur, yang kemudian mereka memiliki rasa percaya diri yang tinggi kemudian mereka piawai dibidang seni musik, " imbuhnya.
penampilan orkestra Joglo Symphony
Ditambahkan, guru pembimbing mata pelajaran Seni Budaya Bangun Tri Sujanto  acara Smandasa Got Talent ini merupakan ujian praktek tahunan yang diselenggarakan oleh seluruh siswa kelas XII, sebagai syarat ketentuan untuk kelulusan. Event ini sudah berlangsung selama 3 season, ini ketiga kalinya dan pertama kalinya bertakjub orkestra di Purworejo.

Joglo Symphony ini, suatu kumpulan pemain musik yang didalamnya banyak pemain artinya banyak kelompok yang dari sisi, pertama ada instrumen musik tiup, pukul, gesek dan petik. Kemudian dilanjutkan dengan vokal paduan suara.

"Pengalaman yang didapatkan siswa dari Smandasa Got Talent ini, pertama  membuat suatu penyelenggaraan acara. Dan dedikasi yang sangat tinggi apresiasi, dengan artian siswa bisa bermain musik bisa menyalurkan bakat, " kata Bangun.

Dengan ini siswa mempunyai point plus, sehingga point plus tersebut jika siswa tersebut sudah lulus dari SMA artinya mau melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, mereka akan sudah mempunyai bekal tersendiri dalam pada saat acara ini.

"Kedepannya siswa bisa untuk melanjutkan talent tersebut di bidang seni tentunya, bisa melanjutkan ke Universitas sesuai jurusannya, baik itu di pendidikan ataupun profesionalitas seperti di Institut Seni Indonesia Yogyakarta menjadi Player, Universitas Negeri Yogyakarta mencetak sebagai guru seni, " kata Bangun.

"Orkestra ini, baru pertama kalinya digelar disekolah kabupaten Purworejo, yaitu SMA N 10 Purworejo, Sepemahaman saya baru kali ini, dari event sebelumnya pernah ada, cuma masih campuran, Saya berharap orkestra di SMA N 10 Purworejo bisa lebih berkompeten, dengan lebih banyak dalam pemilihan instrumen dan berkualitas. " imbuh Bangun.
penampilan joglo symphony
Alda, siswa SMA N 10 Purworejo mengungkapkan sangat senang dan mendukung dengan adanya kegiatan ini, karena sangat bermanfaat untuk siswa untuk belajar edukasi tentang musik.

"Pak bangun itu sebenarnya orangnya itu Fredly tapi kalau waktunya latihan dia itu benar-benar serius dan enggak ada yang namanya guyon-guyon, " kata Alda.

"Smandasa Got Talent ini bisa memperkenalkan SMA Negeri 10 Purworejo di kalangan semua anak muda juga bisa menarik minat para siswa SMP untuk masuk SMA Negeri 10 Purworejo, semoga dengan adanya acara tersebut siswa bisa belajar untuk mengenal musik lebih dalam kemudian mengaplikasikan dan lebih kreatif lagi dalam hal bermusik, " ucap Alda.
tamu undangan
Sementara itu, Smadasa Got Talent Season #3 ini mendapatakn apesiasi dari Camat Pituruh, Yudhie Agung Prihatno, bahwa acara ini salah satu sarana ajang yang menunjukkan kreativitasnya terutama dibidang musik. Dengan berinovasi dibidang musik yang selalu berimprovisasi dari hal apapun. Karena ini bisa menjadi menjadi sarana promosi, bahwa sekarang SMA N 10 Purworejo ini tidak kalah dengan sma sama yang lainnya.

"Smandasa Got Talent ini bisa menjadikan sarana untuk mengeluarkan kreativitas siswa, akan bermanfaat sebagai bekal siswa dalam hal apapun dibidang musik. " pungkasnya.

Reporter : Purnomo
Editor : Luthfi, Ganis
Foto : Fai
×
Berita Terbaru Update