Notification

×

Iklan

Siswa SMP Negeri 12 Purworejo Serap Ilmu dan Wawasan Tentang Penggunaan Internet Bijak

Thursday, 12 December 2019 | 22:45 WIB Last Updated 2019-12-12T15:45:05Z
KUTOARJO, (pituruhnews.com) - Demi memberikan pengetahuan kepada siswa tentang bahaya penggunaan media sosial, dan berperilaku bijak dalam bermain internet, SMP Negeri 12 Purworejo , Kecamatan Kutoarjo menggelar pelatihan dan sosialisasi Internet Bijak dan Positif.

Kegiatan pelatihan internet bijak ini digelar di Aula SMP N 12 Purworejo, dengan diikuti sedikitnya 600 siswa mulai dari kelas VII, VIII dan IX.

Bertindak sebagai narasumber, yakni R. Hery Priyantono, SH mantan Jurnalis Jawa Pos Grup Jogja dan Koran Sindo Joga, serta Purnomo Penggiat Medsos Purworejo dari Media Online Pituruh News.
Kepala Sekolah Bersma Narasumber
Kepala SMP Negeri 12 Purworejo, Nur Hidayat, SPd, MPd mengatakan bahwa Kegiatan ini untuk mengisi waktu usai pelaksanaan ujian semester. Dan ini sangat bermanfaat untuk siswa kami.

Diera revolusi industri 4.0, perkembangan dunia maya sangat luar biasa.  Setiap orang memiliki akun lebih dari satu baik disosmed FB, WA, Intagram, youtube dll. Hal-hal positip dan negatif bak dua mata pisau yang sama tajamnya yang siap mengiris pengguna jika tidak bijaksana. 

Dampaknya pun sangat luar biasa. Siswa sebagai generasi milenial mau tidak mau harus mau ikut berselancar di dalamnya. Agar dapat berselancar dengan baik dan tidak ikut tenggelam di dalamnya dibutuhkan pengetahuan dan ketrampilan yang memadai, agar bisa mengunggah hal-hal positif yang bermanfaat untuk kehdupannya sehari-hari serta mempersiapkan masa depannya.

"Melalui kegiatan positif inilah, diharapkan siswa memperoleh keuntungan yang bersifat material maupun non material dengan dasar kepribadian kuat untuk menyongsong hari esok. Serta siswa bisa memperoleh manfaat ekonomis yang positif dari kegiatannya, " jelas Nur Hidayat, SPd, MPd, disela-sela acara, Kamis, 12/12/2019.

Ditambahkan, Nur Hidayat tujuannya acara ini adalah untuk mampu memanfaatkan internet secara bijaksana. Harapannya siswa terampil memanfatkan internet secara bijaksana dan mampu menangkap sebuah peluang untuk mendapatkan keuntungan benefit  dari unggahan di medsos yang positif.
penyampaian materi oleh tim pituruhnews
Purnomo, narasumber dari Pituruh News mengatakan bahwa materi yang di sampaikan ini, semoga siswa-siswi SMP Negeri 12 Purworejo dapat menangkap apa yang tadi disampaikan oleh para narasumber, lebih teliti lebih jeli membedakan memilih mana yang positif dan mana yang negatif tentunya.

"Seusai kegiatan ini saya berharap mereka dapat menghindari segala hal yang berbau negatif dari efek-efek internet. Karena tadi itu kan ada salah satu pada saat sesi tanya jawab mengaku tidur jam 3 pagi dan bangun jam 5 pagi, dengan alasan bermain gedget saja, " katanya.

"Melihat itu sangat disayangkan bagi mereka, apalagi mereka masih duduk di kelas VIII SMP, dengan tidak mengatur pola tidur teratur. Ini dapat menimbulkan dampak negatif dari penggunaan internet yang berlebihan dan dapat mengganggu tingkat kekebalan tubuh, " jelasnya.

"Saya berharap melalui kegiatan ini, SMP diwilayah Purworejo tidak hanya SMP N 12 Purworejo dapat memberikan hal yang serupa pencerahan atau sosialisasi tentang bijak dalam berinternet itu kepada siswa-siswanya baik SMP maupun SMA. Melalui kegiatan tersebut saya berkeinginan dapat tumbuh bibit bibit pemuda pemudi Purworejo yang berkarya mampu menciptakan sebuah karya melalui website internet dengan cara memandang segi positif dari internet, " tambahnya.


"Supaya dapat terhindar ataupun tidak terjebak di dalam dampak negatif dari internet , semoga kegiatan seperti ini sering-sering diadakan, karena ini sangat sangat baik dan sangat bermanfaat untuk siswa-siswi, " tutupnya.

Reporter : Purnomo Gujiih
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update