Tugas Kuliah "Science Club", Karya Mahasiswi UMP

Advertisement
Pembelajaran IPA pada sekolah terutama pada sekolah dasar (SD) diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar. Hal ini sesuai dengan pengertian ilmu pengetahuan alam (IPA) yang berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis. Pembelajaran IPA berfungsi untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan kesadaran mengenai berbagai jenis lingkungan baik alam maupun buatan, mengembangkan keterampilan proses siswa agar mampu memecahkan masalah, mengembangkan wawasan, sikap dan nilai yang berguna serta keterkaitan dengan kemajuan IPTEK. Hal ini hanya dapat terlaksana dengan baik bila tersedia media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Media pembelajaran yang baik dapat menarik perhatian siswa dan memotivasi siswa untuk belajar.
pembelajaraan
Oleh karena itu dibuat pembelajaran IPA yang menarik dan menyenangkan agar peserta didik bisa belajar sambil bermain di science club ini terdapat tiga pembelajaran yaitu media pembelajarn, percobaan dan edugame. Media pembelajaran mempunyai tujuan antara lain meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran, memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Ada berbagai macam media pembelajaran antara lain Pop-up book, Diorama, dan papan flanel. Pop-up book sendiri yaitu media berbentuk buku yang mempunyai unsur tiga dimensi. Materi pada pop-up book disampaikan dalam bentuk gambar yang menarik, di dalamnya terdapat bagian ketika dibuka muncullah gambar tiga dimensi. Sedangkan Diorama adalah sejenis benda miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan. Papan flanel adalah media grafis yang efektif untuk menyajikan pesan-pesan tertentu menggunakan kain flanel sebagai papannya. Disamping itu terdapat berbagai macam percobaan yang menarik seperti menempel, melukis yaitu melukis berbagai macam  bentuk daun-daun tentunya siswa bisa bermain sambil belajar yang sangat bermanfaat bagi siswa. Di dalam science club juga ada game yang tentunya sangat menarik perhatian siswa apalagi siswa sekolah dasar yang pastinya suka dengan permainan maka dari itu terdapat beranekaragam edugame antara lain Puzzle tree yaitu siswa diharapkan dapat menyusun puzzle menjadi gambar tumbuhan utuh. Permainan Ludo jadi anak bermain secara berkelompok kemudian nanti akan mendapatkan sebuah pertanyaan jika mendapat kartu- kartu tertentu. 
materi pembelajaran
Dengan begitu dengan adanya science club yang merupakan pembelajaran IPA yang menyenangkan tentunya mengaktifkan siswa untuk memperoleh informasi sendiri. Penggunaan media dalam pembelajaran IPA sangatlah bermanfaat yaitu membangkitkan keinginan dan minat baru, memangkitkan motivasi dan rangsangan untuk belajar. Secara tidak langsung siswa termotivasi untuk belajar lebih mandiri dan mencoba sendiri percobaan IPA dengan penggunaan media menjadikan pembelajaran lebih menarik. Dengan media pembelajaran siswa dan guru menjadi lebih interaktif dalam pembelajaran dengan interaktif membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan secara tidak langsung dapat meningkatkan kedekatan siswa dengan guru tersebut. Penggunaan media pembelajaran IPA berpengaruh pada sikap siswa dalam belajar, nilai-nilai dan perkembangan psikologi pada peserta didik.

Karya Mahasiswi UMP : 
Nama : Catur Annisa
Tanggal lahir : 01 Agustus 2000
Alamat : krendetan rt 02 rw 03, Bagelen Purworejo
Sekolah : Universitas Muhammadiyah Purworejo
Baca Juga
Advertisement
Advertisement