49 Panwasludes Resmi Dilantik, Siap Jalankan Tugas Awasi Pemilu

Advertisement
PITURUH, (pituruhnews.com) - Sebanyak 49 Panwaslu Kelurahan/Desa melaksanakan pengambilan sumpah/janji dan pelantikan, di Aula Kecamatan Pituruh, Sabtu, 14/03/2020.

Pengambilan sumpah/janji dihadiri oleh Komisioner Panwaslucam Pituruh Mugiarto,  M.Pd, Wiji Astuti, Nanang Dwi Handoyo, Camat Pituruh diwakili Sekcam Helmi Fuad, S.STP, Danramil 09/ Pituruh diwakili Parino, Polsek Pituruh Basuki, Kepala KUA Pituruh Masngudi, Ketua PPK Wahyu Wardono, serta Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo Abdul Aziz.

Panwaslu yang dilantik merupakan akan bertugas dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kebupaten Purworejo, yang akan digelar pada 23 September 2020. Pelantikan langsung dipimpin oleh Komisioner Panwaslucam Pituruh Mugiarto.
tamu undangan
Dalam sambutannya, Komisioner Panwaslucam Pituruh Mugiarto menyampaikan kepada Anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020 yang baru dilantik, kami ucapkan selamat. Saudara-saudara adalah orang-orang terpilih. Kami percaya saudara-saudara dapat menjalankan amanah besar ini.

"Bimbingan teknis untuk anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa ini menjadi bagian penting bagi upaya Badan Pengawas Pemilu untuk mempersiapkan anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa yang mampu mengawal terselenggaranya Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota Tahun 2020 yang Demokratis dan sesuai prinsip-prinsip penyelenggaraan Pemilihan sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016." ucapnya.

"Anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa dituntut memahami tugas, wewenang, dan kewajiban yang diatur dalam undang-undang. Anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa memiliki peran penting dalam menjalankan tugas pengawasan di setiap tahapan pemilihan mulai dari tahapan persiapan sampai dengan pengawasan terhadap Verifikasi factual dukungan bacalon perseorangan, pemutakhiran data dan daftar pemilih, Pelaksanaan kampanye dan masa tenang, Distribusian logistik Pemilihan, pemungutan dan penghitungan suara, dan Pengawasan Rekapitulasi hasil penghitungan suara di Kecamatan. " imbuhnya.

Selain memahami tugas, wewenang, dan kewajiban, anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa diharapkan memiliki karakter dan jati diri sebagai pengawas pemilihan serta memahami dan mempraktikkan kode etik dan pedoman perilaku penyelenggara Pemilu. Hanya dengan menjaga kode etik dan pedoman perilaku, marwah Badan Pengawas Pemilu dapat dijunjung.
penandatanganan setelah dilantik
Ia menambahkan bahwa di akhir selama mengikuti Bimtek dan menjalankan tugas bagi semua anggota Panwaslu Kelurahan/ Desa pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota tahun 2020. Semoga Allah SWT meluruskan langkah kita dan memberi kekuatan pada kita semua dalam menjalankan amanat.

Sementara itu, peserta panwasludes terlantik Arif Saswolangi mengucapkan rasa syukur alhamdulillah bisa lolos seleksi dan dilantik. 

"Setelah dilantik kedepannya bisa menjalankan amanah sebagai Panwaslu Kelurahan/Desa dalam pemilihan bupati dan wakil bupati, bisa berjalan lancar dan sukses tanpa ada kendala.'' pungkasnya.

Reporter : Luthfi
Baca Juga
Advertisement
Advertisement