Notification

×

Iklan


Mahasiswa PG PAUD FKIP UNS Adakan Pendidikan Covid Rt Desa Kesawen

Rabu, 03 Juni 2020 | 08:20 WIB Last Updated 2020-06-03T02:29:04Z

KESAWEN, (pituruhnews.com) - Di tengah pandemi ini, Universitas Sebelas Maret Surakarta turut berupaya dalam menanggulangi rantai penyebaran Virus Corona. Salah satu program yang diprakasai adalah relawan covid uns oleh mahasiswa uns di desa wilayah masing-masing.  

Novianti Puspitasari merupakan mahasiswi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Fakultasa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret yang turut bergabung dalam Relawan Covid-19 UNS tahap 1 periode 1 Mei – 19 Juni 2020.  Novi menuturkan bahwa dirinya merasa harus turut aktif berkontribusi dan bermanfaat pada lingkungan sekitar terlebih di masa pandemi ini, khususnya di Desa Kesawen, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah.
pembagian masker warga
“Saya pulang dari Solo waktu itu tiga hari sebelum adanya PSBB. Jadi saya kuliah daring dari rumah. Kondisi ini membuat hati saya tergerak, melihat persebaran Virus Corona terus meningkat sampai di desa sebelah. Namun berbanding terbalik dengan kesadaran masyarakat yang masih rendah.” Ujar Novi yang sekarang menjabat sebagai Ketua Umum UKM Lingkar Studi Pendidikan UNS.

Gadis yang baru saja terpilih sebagai MAWAPRES III FKIP UNS 2020 ini memiliki semangat dan motivasi yang tinggi untuk turut mensuport pemahaman Covid-19 guna memutus rantai penyebaran Virus Corona. Melalui programnya SIKAID (Sinergi Edukasi Covid) Desa Kesawen dibawah bimbingan Bapak Drs. Wahyudi, M.Pd., dia mengedukasi dan mengajak warga Desa Kesawen untuk tanggap terhadap Covid-19.

Program yang dilakukan antara lain edukasi melalui Sosialisasi keliling sambil patroli masker bersama Bapak Mohammad Wahidin selaku Kepala Desa Kesawen dan Bapak Ponadi selaku Kepala Dusun Kesawen. Dalam sosialisasi ini, Novi beserta Perangkat Desa Kesawen mensosialisasikan pentingnya mematuhi anjuran pemerintah dan melakukan patroli masker dengan memberi masker kepada warga yang tidak menggunakan masker diluar rumah serta mengajari memakai masker dengan benar kepada warga.
Foto Bersama Warga RT 02 RW 01 Kesawen
Selain itu saat ini Novi menjalankan edukasi di lingkup RTnya yakni RT 02/RW 01 Desa Kesawen. Programnya ini dikemasnya sebagai Pendidikan Covid Rukun Tetangga ditujukan untuk warga RT 02 Rw 01 Desa Kesawen, Kecamatan Pituruh, Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan yang dilakukan menggunakan SOP Social Distancing bertempat di kediaman gadis berusia 21 tahun ini.

“Pendidikan Covid Rukun Tetangga kami lakukan rutinan seminggu sekali setiap Hari Jum’at pagi. Dan sudah berlangsung sejak tanggal 22 Mei 2020 hingga saat ini. Kegiatannya diawali dengan senam bersama kemudian dilanjutkan dengan edukasi. Untuk edukasinya, yang telah saya lakukan yakni pembagian poster edukasi dan sabun cuci tangan, membuat padasan air untuk cuci tangan dengan memanfaatkan barang bekas, praktek cuci tangan, penggunaan masker, dan rencana selanjutnya akan kolaborasi dengan mendatangkan tokoh masyarakat bidang kesehatan dan penguatan pangan dengan membuat kebun sayur. Selain itu, untuk menyebarluaskan ilmu dalam pendidikan covid ini. Kami selalu mendokumentasikannya kemudian di update ke FB Desa dan grup WA Desa.” terang Novianti saat dikonfirmasi tim Pituruh News.
Saat Sosialisasi Keliling
Dalam masa pandemi ini, Novi berharap masyarakat bisa menumbuhkan kesadaran tanggap covid dan bersinergi mematuhi anjuran pemerintah serta membantu perjuangan tenaga medis dengan melakukan kegiatan positif dan tetap produktif walau dirumah aja.

Penulis : Novianti, Drs. Wahyudi, M. Pd
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update