Notification

×

Iklan

Dua Belas Desa di Kecamatan Pituruh Peringati World Clean Up Day (WCD)

Friday, 18 September 2020 | 08:00 WIB Last Updated 2020-09-23T11:59:19Z


PITURUH, (pituruhnews.com) - 21 September merupakan Peringatan Hari Bersih- Bersih se-Dunia atau World Clean Up Day (WCD), TP PKK Kecamatan Pituruh dan TP PKK Desa, bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo melaksanakan kegiatan WCD di dua belas desa dikecamatan Pituruh pada, Kamis, 17/09/2020.



Kegiatan ini diwujudkan untuk meningkatkan kesadaran warga masyarakat terhadap pentingnya menata bumi menjadi bersih dan sehat.

pengumpulan di bank sampah

Dua belas desa yang melaksanakan WCD yakni Desa Pituruh, Desa Tunjungtejo, Desa Pepe, Desa Kendalrejo, Desa Dlisenkulon, Desa Girigondo, Desa Karanggetas, Desa Petuguran, Desa Tersidilor, Desa Luwengkidul, Desa Pekacangan, dan Desa Prapagkidul. Hasilnya, mereka sudah melaksanakan pemilahan dan pengepulan sampah secara rutin melalui Bank-Bank Sampah yang sudah dibentuk. Dua belas desa tersebut diharapkan akan menjadi pionir/ percontohan kepada desa-desa di Kecamatan Pituruh yang belum melakukan pemilahan dan pengepulan sampah secara berkala.


Ketua TP PKK Kecamatan Pituruh, Veny Yudhie Agung Prihatno S.STP, MH menjelaskan, bahwa seluruh warga masyarakat di kedua belas desa sangat antusias, karena selain menjadikan desa bersih dari sampah, masyarakat desa juga punya tabungan dari hasil penjualan sampah. 

sharing-sharing tentang bank sampah bersama TP PKK

"Hasil tabungan sampah dari desa2 tersebut sudah lumayan banyak,  tabungan sampah mereka gunakan untuk keperluan berbagai hal, misalnya untuk membayar PBB, tabungan hari raya, dan sebagainya, contohnya dari Desa Tersidilor telah melaksanakn kegiatan ini sejak tahun 2016." ujarnya.


Reporter : Ambar

Editor : Bayun

Iklan

×
Berita Terbaru Update