Notification

×

Iklan


Debat Paslon Putaran Kedua Hanya 5 Segmen

Kamis, 26 November 2020 | 19:27 WIB Last Updated 2020-11-26T12:29:14Z


PURWOREJO, (pituruhnews.com)
-  Debat Publik/Debat Terbuka Antar Pasangan Calon (Paslon) Pilbup Purworejo Tahun 2020 putaran pertama telah sukses digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo pada Jumat (13/11) lalu. Berikutnya, KPU akan menggelar debat putaran kedua atau terakhir di Ganesha Convention Hall Gedung Wanita Ahmad Yani Purworejo pada Jumat (27/11) malam besok.

Akmaliyah SPd I MPd

Divisi Sosdiklih, Parmas, Kampanye dan SDM KPU Kabupaten Purworejo, Akmaliyah SPd I MPd, saat dikonfirmasi menyebutkan bahwa debat putaran kedua mengusung tema “Harmonisasi Pembangunan Daerah dan Pusat dalam Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Secara teknis, konsep debat tidak jauh berbeda dengan putaran pertama. Namun, ada sedikit perubahan terkait segmen dan alokasi waktu.


Pada putaran pertama kemarin, debat terbagi atas 6 segmen. Sementara pada putaran kedua besok, debat terdiri atas 5 segmen.


“Kemarin sudah kita koordinasikan, terkait  segmen kemarin ada 6, besok ada 5 segmen,” sebutnya, Minggu (22/11).


Kemudian terkait alokasi waktu, pemaparan visi misi Paslon yang berkaitan dengan tema, pada putaran pertama 1,5 menit. Sementara pada putaran kedua besok menjadi 2 menit.


“Untuk menjawab pertanyaan dan lain-lain, tetap 1,5 menit,” jelasnya.


Menurut Akmaliyah, perubahan teknis tersebut berdasarkan hasil evaluasi dan koordinasi oleh KPU bersama pihak-pihak terkait demi meningkatkan kualitas debat. Beberapa perubahan itu akan disampaikan beserta rundown dan TOR debat kepada seluruh tim Paslon.


“Ini tidak harus dengan kesepakatan Paslon (terkait teknis debat). Kesepakatannya adalah untuk materi dan tanggal debat,” lanjutnya.


Lebih lanjut Akmaliyah menginformasikan bahwa debat putaran kedua akan berlangsung mulai pukul 19.30 WIB. Sama seperti putaran pertama, pelaksanaannya hanya dihadiri Paslon dan undangan terbatas. Namun, masyarakat luas dapat ikut menyaksikan melalui live streaming atau siaran langsung TVRI Jawa Tengah, media sosial dan Youtube KPU Purworejo, serta sejumlah radio Purworejo, yakni Irama FM, Swara Kenanga FM, dan Shoutuna FM.


Diungkapkan, debat publik/debat terbuka merupakan salah satu tahapan kampanye. Metode debat yang mempertemukan seluruh Paslon ini diharapkan mampu memberikan ruang kepada Paslon untuk menyosialisasikan visi, misi, atau program-programnya. Selain itu menjadi media masyarakat untuk mendapatkan informasi seputar Pilbup dan Paslon.


“Dalam menyusun materi debat, KPU melibatkan kalangan akademisi dan profesional,” ungkapnya. (PN/Tri)

Iklan

×
Berita Terbaru Update