Notification

×

Iklan

Setyo Mulyaningsih : Melalui Penggalian Data dan Sejarah, Hari Jadi SMA N 10 Purworejo Ditetapkan

Wednesday, 18 November 2020 | 07:00 WIB Last Updated 2020-11-18T00:43:01Z

 

penetapan hari jadi SMA N 10 Purworejo
KALIKOTES, (pituruhnews.com) - Dengan mengusung tema  "Optimis Mewujudkan Sekolah Berprestasi & Berkarakter", sekolah SMA N 10 Purworejo dalam rangka meyongsong hari jadi, menggelar penetapan hari jadi SMA N 10 Purworejo.

Pada Selasa, 17/11/2020 bertampat di Aula SMA N 10 Purworejo, pihak sekolah menggelar dan menetapkan SMA N 10 Purworejo, berdasarkan penggalian sejarah berdirinya sekolah tersebut. Acara ini juga mengundang berbagai tokoh dan elemen yang menguatkan data dan kesaksian berdirinya sekolah tersebut.  Sebelumnya telah diadakan penggalian data kesejarahan, dimaksudkan sebagai langkah untuk menetapkan hari jadi SMA Negeri 10.

Petetapan ini disaksikan oleh segenap sesepuh perintis kiprah SMAN 10 Purworejo, Muhammad Budiman (Kepala SMUN 1 Pituruh), Drs. Arif Arvianta Achmad, M.Pd. (Guru Pertama SMUN 1 Pituruh) yang juga Guru SMUN 1 Kutoarjo yang ditugaskan di SMUN 1 Pituruh, Kusmantojo (Kepala TU Pertama), juga Ketua Komite Drs H. Sugito dan Jajaran Pengurus.
tamu undangan
Kepala SMAN 10 Purworejo, Dra. Setyo Mulyaningsih, M.Pd. B.I. dalam sambutannya menyampaikan bahwa penetapan Hari Jadi SMAN 10 Purworejo merupakan sebuah bentuk  apresiasi atas kiprah dan perjuangan para pendahulu sekaligus mengapresiasi berbagai pertanyaan para alumni dan masyarakat tentang hari jadi SMAN 10 Purworejo. 

SMAN 10 Purworejo yang kita kenal sekarang menurut kronologi catatan sejarahnya bermula dari SMU Negeri 1 Pituruh yang dirintis Tahun 1997. Pada waktu itu pelaksanaan penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran meminjam tempat di SMP Negeri 20 Purworejo. Baru setelah pembangunan gedung siap dipergunakan meski masih bersifat sederhana, KBM berpindah di Desa Kalikotes. 

Ia mengatakan bahwa tepat pada tanggal 5 Januari 1999, Pemerintah Pusat melalui Surat Izin Operasional mengesahkan pendirian SMU Negeri 1 Pituruh. Dasar ketetapan dan bukti autentik Surat Pendirian inilah yang disepakati bersama untuk ditetapkan menjadi Hari Lahir sekaligus Hari Jadi SMAN 10 Purworejo. 

"Acara ini juga menghadirkan ketua OSIS dari Angkatan Pertama sampai Angkatan 2019. Bahkan harapannya diperingatan hari jadi pertama SMA N Purworejo ini bahwa akan banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingatinya, baik siswa, guru dan alumni." imbuhnya.
sambutan kepala sekolah SMA N 10 Purworejo
Sugito, ketua pantia sekaligus humas SMA N 10 Purworejo menambahkan, sangat bersyukur alhamdulillah atas terselenggaranya acara penetapan hari jadi SMA N 10 Purworejo walau diadakan dengan sederhana.

"Pemimpin yang menghargai kiprah dan jasa para pendahulunya, merupakan pemimpin yang berhati mulia yang Insya Allah, akan membawa kemuliaan bagi seluruh keluarga besar SMAN 10 Purworejo dalam menjalankan amanah masyarakat dalam bidang pendidikan ini. " ucap Sugito.

"Melalui penetapan hari jadi ini dengan tema diusungnya yaitu optimis sebagai sekolah berprestasi dan berkarakter, harapannya sekolah semakin maju, baik dari siswa, guru dan juga fasilitas yang ada disekolah. " imbuhnya.

"Saya ucapkan selamat kepada SMA N 10 Purworejo atas ditetapkan hari jadinya pada tanggal 5 Januari 1999. Saya juga sampaikan bahwa sejarah yang ada. agaimana awal mula dulu , disaat tahun pertama saya berkiprah di SMA Negeri 10 Purworejo ini " tambah Sugito.

Sementara itu, Alumni tahun 2005 Hari mengatakan kegiatan penetapan hari jadi ini, sebagai alumni bisa mengenang dan meninjau kembali masa-masa lampau, serta menjaga silahturahmi alumni SMA N 10 Purworejo disetiap tahunnya dari angkatan pertama hingga sekarang.

"Semoga dengan ditetapkannya hari jadi ini, bisa menyambung silahturahmi dan keakraban antar alumni. " pungkasnya. (Rohadi/Phai)

Iklan

×
Berita Terbaru Update