Notification

×

Iklan




Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Maps Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran IPS

Wednesday, 28 April 2021 | 12:22 WIB Last Updated 2021-04-28T05:22:24Z


Media pembelajaran adalah alat yang digunakan untuk membantu proses belajar mengajar sehingga makna pesa yang disampaikan menjadi lebih jelas dan tujuan pendidikan atau pembelajaran dapat tercapai dengan efektif dan efisien. Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan sebagai perantara untuk menyampaikan suatu pesan dari pengirim pesan ke penerima pesan dengan tujuan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa sedemikian rupa sehingga terjadinya proses pembelajaran. Sedangkan proses pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh dua pihak yaitu guru sebagai fasilitator dan siswa sebagai hasil atau produk dari dari berbagai stimulus-respon berupa atifitas pengulangan.

Google Maps merupakan salah satu aplikasi dan layanan pemetaan web yang dikembangkan oleh Google. Layanan ini memberikan citra satelit, peta jalan, panorama 360 derajat, kondisi lalu lintas, dan perencanaan rute untuk bepergian dengan berjalan kaki, menggunakan kendaraan seperti mobil, sepeda, atau angkutan umum.

Ilmu Pengetahuan Sosial adalah program pendidikan yang memiliki bahan pendidikan dari berbagai disiplin ilmu sosial dan  humanity (ilmu pendidikan dan sejarah) yang diorganisir dan disajikan secara ilmiah dan psikologis untuk tujuan pendidikan yang berlandaskan Pancasila dan Kebudayaan Indonesia. IPS juga dapat dikatakan sebagai perpaduan dari sejumlah mata pelajaran sosial sehingga dalam mata pelajaran IPS tersebut menggunakan bagian-bagian tertentu dari ilmu-ilmu sosial. Dalam IPS juga terdapat materi yang mempelajari tenang peta, atlas, dan globe yang merupakan konsep bulat bumi di atas kertas datar dan hakekat dasar pada IPS umumnya, dan IPS geografi khususnya. Oleh karena itu mengajarkan dan mempelajari IPS geografi tanpa peta, tidak akan membentuk citra dan konsep yang baik pada diri peserta didik yang mempelajarinya. Pembentukan citra dan konsep pada diri peserta didik yang dapat meningkatkan kognitif, efektif, dan psikomotor mereka, haruslah memanfaatkan peta. Peta adalah gambaran permukaan bumi pada bidang datar-dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi.Perosesnya mulai dari pengenalan, pembacaan (map reading), pemilihan, dan pembuatan peta, sesuai dengan jenjang pendidikan peserta didik dibimbing mengenal, membaca, memilih, membuat , serta bagai mana cara mempergunakan peta.

Penggunaan Google Maps pada saat ini sangat berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran IPS khususnya pada materi peta. Google Maps sendiri dapat dikatakan peta canggih dengan menggunakan teknologi masa kini, lengkap dengan penunjuk arah yaitu kompas dan jarak yang akan kita tempuh dari satu tempat ke tempat lain baik dengan berjalan kaki hingga menggunakan kendaraan. Tidak hanya berupa simbol dalam menunjukkan suatu titik atau daerah namun terdapat gambar nyata dari tempat tersebut, sehingga mempermudah dalam menentukan daerah tujuan dengan lebih akurat.


Penulis : Nurul Faridah

Email : nurullfaridah@gmail.com

Prodi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Instansi : Universitas Muhamadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update