Notification

×

Iklan

Empat Kuliner Top yang wajib dikunjungi di Pituruh

Tuesday, 10 August 2021 | 10:55 WIB Last Updated 2021-08-10T03:55:54Z


Kecamatan Pituruh masih berada di wilayah Kabupaten Purworejo, letak nya disebelah barat atau berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Kebumen.

Jika di Kecamatan Butuh, yang berada di sebelah Selatan Kec. Pituruh punya Dawet Ireng fenomenal ( Dawet Ireng Jembatan Butuh ).


Tak kalah tenar di Pituruh ada 4 Kuliner top sekaligus, Yaitu Sate Mbah Parto, Lesehan Jogres Lesehan, Restoran Bale Panggung, RM Tinora.


Sate Mbah Parto 


Warung sate milik mbah Parto ini bahkan sudah terkenal dikalangan pemburu kuliner se Kabupaten Purworejo, Sate Gule Partodrono sudah berdiri sejak 1960. Dan sekarang warung telah diwariskan kepada putra pertama, Waliyah (60).


Kemanapun saya pergi diwilayah Kab Purworejo, jika orang membicarakan Kec.Pituruh ? Maka tak lupa warung sate mbah Parto ikut dalam topik pembicaraan. Tak heran warung sate nya selalu rame penjaja kuliner di setiap hari nya.


Letak nya di sebelah utara Alun - alun Pituruh , atau tepat nya di utara BRI Unit Pituruh + 50 m. Jika pembaca cari menggunakan Aplikasi Google Maps pasti ketemu. Gampang banget terletak di Selatan Pasar Pituruh , Jl Pituruh - Klepu.


Lesehan Jogres Lesehan


Lesehan milik mas Atam ini memang belum lama hadir di Pituruh gan , namun si pemilik nya / mas Atam sudah malang - melintang sebagai koki restoran ternama di Jakarta dan Jalur Pantura / Indramayu.


Kurang lebih 30 Tahun gan? pengalaman berprofesi sebagai koki restoran.Tak heran menu - menu yang disajikan di Jogres Lesehan ini maknyus banget !


Beliau ini asal dari Cilacap , yang pada saat itu masih berpacaran dengan tetangga satu kampung dengan saya. Maka saya yang masa kecil nya pernah tinggal di Jakarta tentu mengenal nya. Letak Jogres Lesehan juga strategis , berhadapan dengan Klinik Dokter Lusi Estiana . Disebelah utara pertigaan wetan pasar Pituruh , atau yang terkenal Pertigaan Gereja Pituruh ( GKI Pituruh ).


Restoran Bale Panggung


Bale Panggung Resto dikelola oleh koki yang punya latar belakang pengalaman di restoran ternama. Beliau pernah bekerja di Pulau Bali , memiliki latar belakang pendidikan Pariwisata & Perhotelan.


Tak heran Bale Panggung yang tadi nya persawahan disulap menjadi resto kuliner , dengan view khas pedesaan yang memiliki pemandangan alam  persawahan dan perbukitan di depan nya ( bukit Si Kambang ).


Pengunjung akan disuguhi menikmati menu hidangan diatas kolam ikan ( desain panggung ) , bisa memilih lesehan atau menggunakan meja kursi .


Area panggung terbagi menjadi dua , sebelah kiri untuk lesehan dan sebelah kanan dengan meniti jembatan disediakan kursi & meja makan. Dengan demikian pengunjung bebas memilih menikmati hidangan ala lesehan atau ala restoran.


Dari panggung pengunjung bisa melihat ratusan ikan Nila , dan Gurami yang dipelihara oleh Bale Panggung.


Desain Bale Panggung Resto ini mengingatkan saya denga Mboyong Kalegan Resto , Sleman - Yogyakarta.

Jika Mboyong Kalegan Resto terletak dipinggir Kali Boyong , Bale Panggung Resto di pinggir Kali Tumpang.


Letak Bale Panggung Resto di Desa Prigelan , Jln Raya Pituruh - Kemiri KM 01 atau sekitar 1 KM dari Pasar Pituruh.


Oleh anak - anak Prigelan sendiri , Bale Panggung Resto juga terkenal dengan nama Kaum Resto . Karena pemilik nya Pak Kaum ( Kaur Kesra Prigelan ),


RM TINORA

Merupakan rumah makan yang menyediakan berbagai menu masakan koki dari Bali. Alamatnya JL. Karanganyar km 0,5 jateng, Pituruh, Dukuh Wetan, Pituruh, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah 54263.


Nah itulah 4 Top kuliner Pituruh yang silahkan anda buktikan sendiri kelesatan nya , jika berkunjung ke Pituruh.

Sumber : https://sepatubagus88.blogspot.com/2019/09/3-kuliner-top-yang-wajib-dikunjungi-di.html?m=1

Iklan

×
Berita Terbaru Update