Notification

×

Iklan

Bijak Dalam Penggunaan Teknologi Dan Sosial Di Kalangan Masyarakat

Thursday, 30 December 2021 | 14:03 WIB Last Updated 2021-12-30T07:03:13Z

 



Pada hakekatnya, teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang sangat pesat dikalangan masyarakat, semakin lama semakin canggih, salah satunya yaitu lahirnya media sosial dan teknologi modern. Media sosial adalah sebuah media daring yang digunakan satu sama lain yang para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berkomunikasi, berbagi, dan menciptakan berbagai konten tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu. Sedangkan Teknologi modern adalah kemajuan teknologi lama dengan tambahan dan modifikasi baru. Salah satunya adalah gadget, gadget adalah sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris, yang artinya perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Dalam bahasa Indonesia, gadget disebut sebagai “acang”. Salah satu hal yang membedakan gadget dengan perangkat elektronik lainnya adalah unsur “kebaruan”. Dengan adanya media sosial menjadikan pola perilaku masyarakat mengalami pergeseran baik budaya, etika maupun norma yang ada. Adanya jumlah penduduk yang besar dan berbagai kultur suku, ras, dan agama yang beranekaragam memiliki potensi perubahan sosial. Dari berbagai kalangan dan usia hampir semua masyarakat Indonesia memiliki dan menggunakan media sosial sebagai salah satu sarana guna memperoleh dan menyampaikan informasi ke publik.

Sehingga pada dasarnya masyarakat dan teknologi berkaitan erat dengan lingkunganya serta tidak bisa dipisahkan karena teknologi maupun masyarakat sama-sama saling membutuhkan. Selain sebagai sarana berkomunikasi, kini gadget juga sudah berkembang melalui aplikasi di gadget tersebut bisa digunakan sebagai sarana belanja, piranti membantu menjalankan aplikasi payment atau aplikasi pembayaran bahkan juga digunakan oleh sebagian orang untuk kegiatan fotografi maupun videografi.

Namun pada umumnya mereka menggunakan gadget untuk berkomunikasi melalui berbagai aplikasi yang tersedia, baik telepon seluler maupun melalui media sosial. Untuk bisa menggunakan aplikasi media sosial, pengguna harus mengakses internet sebagai medianya, agar bisa terhubung maupun mengakses media sosial.

Adanya kemudahan yang diberikan hanya dengan mengakses internet, maka masyarakat pada umumnya lebih memilih sering melakukan silaturahim melalui media sosial daripada berkunjung langsung ke kediaman kerabatnya. Sehingga oleh beberapa pengamat sosial menilai bahwa hal itu bisa mengakibatkan kurangnya rasa kasih sayang dan kekeluargaan dan juga ada dampak positif-nyaterutama untuk membantu mempermudah dan memperingan kinerja seseorang. Selain itu dengan kemudahan bisa mengakses internet, pengguna juga bisa memperoleh manfaat dapat menambah wawasan dengan cepat dan mudah.

Perlu disadari bahwa kemudahan penggunaan media sosial dan juga teknologi modern ada juga sisi positif dan sisi negatifnya. Sehingga kita sebagai makhluk sosial harus pandai-pandai menggunakan media sosial.

 

 

oleh :  Vicky Ramadzan

NIM : 212180074 Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update