Notification

×

Iklan

Dampak Pandemi Covid -19 Terhadap Dunia Pendidikan

Monday, 27 December 2021 | 10:36 WIB Last Updated 2021-12-27T03:36:03Z

Saat ini,adanya virus Covid-19 membuat ratusan ribu manusia takut akan penularan covid -19. Penularan sangat cepat dan sangat sulit mendeteksi orang yang terpapar covid-19. Penularan dapat ditularkan melalui hubungan kontak antar manusia, yang sangat sulit untuk dihindari oleh manusia.Rumitnya penanganan wabah ini untuk memutus rantai penyebaran covid -19.Bahkan pemerintah menerapkan kebijakan salah satunya sosial distancing yang dapat menghambat laju pertumbuhan dalam berbagai kehidupan .Misalnya pada pendidikan juga terdampak kebijakan ini.Banyak sekolah mendadak diliburkan dan digantikan belajar dirumah,ada juga pembelajaran dilakukan secara daring ( dalam jaringan). Peralihan pembelajaran ini sangat memaksa berbagai pihak terutama dalam pemanfaatan teknologi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring.Faktor penghambat pembelajaran secara daring antara lain:

Pertama, penguasaan teknologi yang rendah.Saat proses pembelajaran secara daring tidak semua siswa terbiasa menggunakan teknologi bahkan mereka harus berebut untuk mendapatkan sinyal yang cukup baik agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Kedua, keterbatasan sarana dan prasarana.Membuat para orang tua siswa merasa kesulitan untuk membelikan fasilitas teknologi kepada anak- anaknya.

Ketiga, jaringan internet yang kurang memadai.Tidak semua sekolah sudah terkoneksi internet, bahkan ada juga yang menggunakan jaringan seluler dan kadang bisa tidak stabil karena letak geografis jauh dari jangkauan sinyal. Keempat,biaya internet yang dibutuhkan.Kuota internet menjadi melonjak dan guru juga harus mempersiapkan anggaran untuk menyediakan internet.

Metode pembelajaran secara daring seperti ini sudah terbiasa dilakukan, apalagi dinegara -negara yang maju.Namun untuk pembelajaran pada tingkat sekolah dasar dan menengah harus bisa lebih dipersiapkan dengan baik agar dalam proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Seiring perkembangan zaman proses belajar mengajar dapat dilakukan dengan daring mengingat efektif dalam transfer ilmu yang cepat ,dan mudah. Mesin secanggih apapun pasti mempunyai kelemahan karena dibuat oleh manusia.Kelemahan guru mesin adalah pada unsur,rasa,bahasa,dan karakter.Guru manusia harus bisa mengimbangi guru mesin yang hanya bisa berperan untuk mentransfer tidak tau nilai baik dan benar.

Namun, hal tersebut tidak boleh mematahkan semagat guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik, tidak boleh mematahkan semagat siswa dalam belajar, pandemi covid ini tidak boleh mematahkan semangat dan harapan kita semua.

Di balik kesedihan di seluruh dunia ini, kita harus mampu mengambil hikmah dari pandemi covid 19 ini. Pandemi covid 19 ini mungkin saja datang sebagai ujian untuk kita semua, apakah kita mampu mencerdaskan kehidupan bangsa walau dalam kondisi seperti ini. Semoga dengan adanya opini tersebut dapat menambah manfaat bagi kita , Aamiin.

Penulis : Siti Marvuatil Mardhiyah/Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update