Notification

×

Iklan

Manfaat Teknologi Pada Kegiatan Belajar Mengajar Di Era Pandemi

Tuesday, 28 December 2021 | 16:03 WIB Last Updated 2021-12-28T09:03:57Z

 


Guru memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Guru hendaknya tahu bagaimana upaya yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran , terutama pada masa pandemi seperti ini. Dengan cara membuat media pembelajaran dan menyiapkan perangkat pembelajaran yang tepat guna, guru di tuntut untuk mengupayakan terciptanya kondisi pembelajaran yang efektif.

       Pendidik dan tenaga kependidikan berkewajiban menciptakan suasana pendidikan yang bermakna, menyenangkan, kreatif,dinamis dan logis.Untuk menerapkan apa yang tertulis dalam Undang - Undang Sisdiknas dalam pembelajaran guru tidak bisa mengajar hanya dengan menggunakan metode ceramah. Hal ini dapat membuat siswa merasa bosan akibatnya siswa tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru tersebut. Maka untuk mengatasi hal tersebut, penggunaan media seperti gadget sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar sangat diperlukan.

       Media pendidikan adalah alat,metode, dan teknik yang digunakan untuk lebih mengefektifkan komunikasi dan interaksi antara guru dan siswa dalam proses pendidikan dan pengajaran di sekolah. Secara estimologi, gadget berasal dari istilah dalam bahasa Inggris yang berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Gadget juga merupakan alat elektronik kecil yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari sehingga membuat hidup manusia lebih praktis.

       Dunia teknologi terus berkembang dengan pesat. Inovasi-inovasi baru pun banyak bermunculan. Pasalnya gawai lebih memberikan banyak manfaat bagi kehidupan manusia dan sangat membantu pekerjaan manusia tanpa terkecuali, mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19.Pandemi Covid-19 berdampak pada semua bidang, mulai dari bidang pendidikan, ekonomi, serta sosial budaya. Penggunaan gadget atau gawai pada anak saat pandemi Covid-19 sebenarnya mendatangkan sejumlah manfaat positif, kendati dalam praktiknya anak perlu didampingi saat sedang belajar jarak jauh maupun saat berada di rumah.

       Pendidik atau Guru juga harus dituntun melek teknologi khususnya dalam penggunaan Gadget sehingga bisa mengimbangi peserta didik dalam melaksanakan proses belajar Daring dan  harus memiliki inovatif yang tinggi agar tercapai tujuan pembelajaran yang efektif. Salah satunya adalah dengan mengembangkan media pembelajaran, Dengan adanya media pembelajaran diharapkan akan terjadi interaksi efektif antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa sendiri.

       Manfaat teknologi informasi dalam bidang pendidikan sendiri adalah, sebagai berikut :

1. Dengan teknologi informasi semua aktivitas belajar semakin mudah, dari segi materi pendidikan, penilaian dan aktivitas belajar – mengajar didalam kelas ataupun diluar kelas.

2. Teknologi informasi memberikan waktu yang tidak terbatas untuk memperoleh pengetahuan yang lebih (literature bacaan siswa atau mahasiswa) sehingga persaingan pendidikan yang berstandar internasional pun mampu di cover, yang berakibat baik untuk mutu pendidikan di indonesia dimana adanya kesetaraan mutu dan output sumber daya terdidik antara dalam negeri dan luar negeri.

3. Teknologi informasi memberikan kemudahan akses ilmu ( bahan bacaan) bagi mahasiswa dengan biaya lebih murah dibandingkan dengan membeli buku dan kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan bagi tenaga pengajar dan staff administrasi sekolah dalam merekap nilai dan melayani administrasi peserta didik.

Pada dasarnya pembelajaran saat ini berorientasi pada student center bukan lagi dengan teacher center.

       Selain membawa manfaat yang baik dalam kehidupan, internet juga membawa dampak buruk bagi kehidupan. Untuk itu menghindari atau menghentikan dampak buruk yang semakin banyak, itu adalah kewajiban kita. Caranya adalah melalui kesadaran pribadi, membatasi diri dalam menggunakan internet. Agar diri mampu membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita. Semua terjadi akibat diri sendiri, sebagaimana diri kita dapat mengkontrol dalam penggunaan intenet. Internet akan membuahkan manfaat banyak jika penggunaannya tepat, namun akan berdampak positif jika diri tak mampu mengendalikannya.

        Untuk memenuhi tujuan tersebut, seorang guru harus punya kreatifitasdan inovasi untuk menyeimbangi perkembangan zaman yang penuh dengan teknologi atau yang bisa disebut dengan generasi milenial. Agar anak bisa dengan mudah menerima materi pembelajaran secara efektif dan bisa menggunakan gadgetnya secara positif terutama dalam pembelajaran.

Penulis : Mutiara Wulan Maytasya/Mahasiswi UMP

Iklan

×
Berita Terbaru Update