Notification

×

Iklan

Sulitnya Beradaptasi di Lingkungan Pertemanan

Tuesday, 28 December 2021 | 16:09 WIB Last Updated 2021-12-28T09:09:32Z

 

Teman adalah orang yang kita kenal dan ia juga mengenali kita, dalam dunia pendidikan pertemanan merupakan suatu hal yang penting, terlebih lagi dalam mencari atau untuk mengetahui informasi dari materi pembelajaran, kegiatan di dalam maupun di luar kelas. Namun tidak semua siswa memiliki banyak teman, mungkin karena ketidak cocokan pada sifat, pada topik pembicaraan, atau dari perilaku. Saat ini banyak anak yang mempunyai teman namun ia sebenarnya tidak cocok dalam hal apapun dengan teman sekelasnya, ia berusaha untuk beradaptasi namun ia belum bisa, manusia memiliki sifat berbeda beda, ada manusia yang mudah bergaul namun ada juga yang kesulitan dalam bergaul. Kesulitan kita dalam bergaul itulah yang membuat anak memiliki sedikit teman, apalagi jika anak tidak terlalu peduli untuk kenal dengan teman lain kelas, maka mereka tidak akan mengenali kita. Dalam lingkup kelaspun anak yang kesulitan dalam hal pergaulan maka akan lama juga dalam beradaptasi.

Adaptasi merupakan bagaimana cara kita untuk bertahan dalam lingkungan tersebut. Dalam pendidikan anak anak perlu beradaptasi dengan teman maupun lingkungan yang baru, agar anak tidak kebingungan saat kegiatan belajar mengajar berlangsung, apalagi saat perpindahan dari sekolah dasar menuju sekolah menengah pertama. Banyak perubahan seperti teman yang mereka kenal tidak hanya dalam satu desa, tapi lebih dari satu desa bahkan dapat berbeda kecamatan. Dalam proses belajar mengajar pun berbeda dari sekolah dasar, yang hanya terdapat satu guru untuk satu kelas hampir untuk semua mata pelajaran.

Dalam lingkup pertemanan ada pernyataan “Tidak boleh memilih-milih teman”, pernyataan tersebut menurut saya itu benar, berteman itu sama tidak membeda-bedakan dari harta, fisik dan lain sebagainya,  namun dalam beberapa hal seperti teman dekat, teman untuk bercerita itu kita harus memilah karena tidak semua orang itu bisa menerima dan paham apa yang kita ceritakan dan apa yang kita ceritakan. Teman itu dapat menjerumuskan kedalam hal negatif dan teman juga bisa membimbing kita menjadi orang yang lebih baik lagi, tergantung dari diri kita sendiri.

Di dalam kelas pasti terdapat Kelompok pertemanan, kelompok pertemanan ini didasari karena adanya kesamaan tujuan, kesamaan dalam sudut pandang akan sesuatu, sehingga membuat hubungan anggota dalam kelompok semakin solid. Setiap kelompok bermain atau peer group memiliki ciri khas yang berbeda-beda dan dalam setiap anggota dalam kelompok memiliki ciri yang sama dengan anggota lainnya di satu kelompok. Banyak anak yang tidak memiliki kesamaan, maka itulah yang membuat anak tersebut sulit beradaptasi atau sulit memiliki teman yang ia inginkan. Kenyamanan dalam pertemanan itu juga penting, tanpa kenyamanan anak tidak bisa dengan mudah berinteraksi, berkumpul atau bercerita dengan teman-temannya.

 

 

Nama : Zakya Darojah

NIM : 212180118

Kelas ; I C / PGSD

Iklan

×
Berita Terbaru Update