Notification

×

Iklan

Masalah Teknologi Terhadap Sosial

Tuesday, 28 December 2021 | 16:01 WIB Last Updated 2021-12-28T09:01:38Z

 


Tekhnologi merupakan sarana dan prasarana yang menyediakan baranga atau komponen ayng diperlukan untuk mempermudah hidup manusia. Dengan adanya teknologi yang semakin maju, maka diharapkan manusia juga dapat mendapat kemudahan dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Misalnya saja mempermudah komunikasi antar daerah yang jaraknya jauh, mempercepat penyelesaian tugas, lebih efisien waktu, dan lain-lain. Tetapi, dibalik banyaknya kemudahan yang didapat dari kemajuan teknologi juga tidak luput dari berbagai permasalahan baru yang timbul akibat penyalahgunaan teknologi.

Di jaman yang kian moderen ini, menghadirkan berbagai macam teknologi yang membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah. Salah satu teknologi yang hingga kini mengalami peningkatan eksistensi yang siknifikan adalah gadget. Gadget awalnya diciptakan sebagai alat untuk berkomunikasi yang memiliki daya ingat rendah. Hingga pada tahun 1956 gadged mulai menjadi buah bibir hangat di kalangan kritikus karena dinilai memiliki berbagai kegunaan yang dapat membantu manusia. Seiring perkembangan jaman, gadget terus berinovasi menghadirkan fitur-fitur yang belum pernah terpikirkan oleh halayak umum. Akan tetapi, berbagai inovasi yang muncul juga sejalan dengan munculnya masalah baru akibat keberadaan gadget.

Salah satu permasalahan yang masih berlangsung hinggga saat ini adalah semakin menurunnya sosialisasi antar manusia. Sebelum adanya gadget manusia menggunakan surat, telegram, bahkan lonceng untuk melakukan komunikasi. Dengan adanya sistem sederhana ini memungkinkan komunikasi tetap terjaga sehingga akan tercipta hubungan kekerabatan yang erat dan lingkungan yang rukun. Namun, dengan adanya gadget manusia merasa dapat berkomunikasi sewaktu-waktu hingga akhirnya terlena dengan berbagia fitur cerdas di dalamnya.

Ketika seseorang telah mengalami kecanduan gadget, mereka cenderung menghindari lingkungan sosial. Hal ini terjadi karena mereka menganggap lingkungan sekitar akan mengganggu kenyamanan mereka dalam menggunakan gadget. Hal ini dapat diperparah jika orang tersebut terjerumus dalam penyalahgunaan teknologi. penyalahgunaan teknologi bisa sangat berbahaya bagi diri sendiri dan lingkungan sekitar, itu akan membawa dampak buruk yang semakin fatal. Misalnya, ketika kita terlalu fokus pada gadget sehingga tidak memperhatikan jalan raya. Hal ini tentu sangat membahayakan diri sendiri karena kita dapat tertabrak kendaraan yang melintas. Selain itu, kondisi ini berbahaya bagi pengendara lain yang melintasi jalan raya.

Permasalahan lainnya adalah munculnya sikap individualisme dan generasi yang serba instan. Kemajuan teknologi mampu merubah sifatdan sikap seseorang, dari yang tadinya pekerja keras menjadi orang yang ingin serba instan. Keinginan ini muncul sebab adanya teknologi yang biasa membuatnya menjadi lebih mudah. Untuk mendapatkan itu, seseorang bahkan mampu menghalalkan segala cara yang merugikan orang lain. Tentunya ini bukan kabar baik karena mereka menganggap semua dapat dicapai dengan mudah tanpa adanya usaha. Hal ini akan menimbulkan stres bagi mereka jika gagal dan tidak sesuai ekspektasi.

Dari beberapa permasalahan di atas kita tahu bahwa teknologi membawa permasalahan baru yang merugikan banyak orang. Permasalahan ini tentu tidak akan timbul jika kita menggunakan teknologi sesuai kebutuhan. Selain itu, penyalahgunaan teknologi juga merugikan kehidupan manusia. Maka perlunya kesadaran dalam menggunakan teknologi agar permasalahan yang melibatkan lingkungan sosial tidak berlarut-larut.

 

Nama : Nur Adilah

NIM : 212180131

Kelas : 1D

Prodi : PGSD

Iklan

×
Berita Terbaru Update