Notification

×

Iklan

Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi covid-19

Wednesday, 29 December 2021 | 12:24 WIB Last Updated 2021-12-29T05:24:35Z

 

Semenjak adanya pandemi covid-19, hampir semua kehidupan mengalami perubahan. Mulai dari perekonomian yang semakin melemah, kurangnya interaksi dan kepedulian terhadap sesama yang disebabkan oleh hubungan sosial yang semakin menurun. Pandemi covid-19 ini memberikan dampak terhadap semua sektor terutama sektor pendidikan. Saat ini pemerintah telah mengeluarkan berbagai kebijakan, salah satunya dengan mengubah aktivitas tatap muka menjadi aktivitas secara daring (dalam jaringan).

Pembelajaran secara daring atau online merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dengan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru dituntut untuk bisa merancang media pembelajaran yang sesuai dan inovatif dengan memanfaatkan media online atau daring. Selain itu guru juga harus bisa memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan dengan lancar meskipun kegiatan belajar mengajar berlangsung secara daring (online).

Namun tidak sedikit siswa yang mengeluh dengan adanya pembelajaran jarak jauh atau pembelajaran secara daring. Karena dengan pembelajaran jarak jauh mereka tidak dapat berinteraksi secara langsung, baik itu dengan guru mereka maupun dengan teman-temannya. Siswa pun merasa bosan karena mereka hanya duduk di depan laptop maupun handphone selama berjam jam. Selain itu, siswa kurang menyukai pembelajaran secara daring karena siswa menjadi kurang memahami materi yang disampaikan oleh guru, dan tugas yang diberikan oleh guru pun juga lebih banyak dibandingkan saat pembelajaran tatap muka.

Tidak hanya itu, permasalahan lain yang dialami para siswa yaitu kurangnya ketersediaan kuota internet dan juga akses jaringan internet. Karena tidak semua orang tua siswa mampu memfasilitasi  kuota internet sesuai kebutuhan anak-anaknya. Selain itu akses internet yang tersedia di daerah yang tertinggal belum sepenuhnya merata dan stabil, sehingga dapat menghambat proses belajar mengajar yang berlangsung secara online.

Dampak yang dirasakan oleh siswa memang berat, namun ambil saja sisi positifnya dan jangan jadikan pandemi ini sebagai penghalang untuk menjalankan kegiatan terutama di bidang pendidikan. Kita berharap pandemi covid-19 ini cepat berakhir dan semua dapat kembali normal sehingga kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara tatap muka.

 

Oleh : Tiara Dwi Damayanti/Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update