Notification

×

Iklan

Pendidikan Untuk Meraih Kesuksesan di Tengah Pandemi

Monday, 27 December 2021 | 19:29 WIB Last Updated 2021-12-27T12:29:55Z

Pendidikan pada dasarnya adalah kegiatan belajar dan mengajar yang dilakukan secara turun temurun berdasarkan perkembangan pengetahuan melalui pengajaran,pelatihan,dan penelitian. Pada umumnya sarana pendidikan terdapat beberapa tahapan mulai dari pendidikan usia dini atau prasekolah , sekolah dasar, sekolah menengah, dan perguruan tinggi.

       Seseorang akan sangat sulit meraih kesuksesan apabila tidak menempuh beberapa tahapan melalui sarana pendidikan. Pendidikan adalah alat untuk mengembangkan diri, mental, pola pikir dan juga kualitas diri seseorang.

       Meskipun pendidikan tidak menjamin kesuksesan seseorang, namun pendidikan akan membekali anda kualitas diri yang lebih baik sehingga anda akan lebih berpeluang untuk mendapatkan apa yang anda cita-citakan. Pendidikan merupakan alat terpenting untuk merealisasikan semua impian anda.

       Sedangkan pada saat ini pendidikan sedang mengalami keterpurukan yang mengakibatkan pembelajaran yang tadi nya berlangsung atap muka berubah menjadi dalam jaringan. Jika terus menurus kita diamkan lama kelamaan dapat membahayakan kualitas pendidikan di Indonesia.

       Oleh karena itu, sebagai pendidik kita harus dapat menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik agar peserta didik tetap semangat dalam menuntut ilmu. Seperti hal nya para pendidik menciptakan sebuah media pembelajaran yang menarik berbasis digital. Dengan menggunakan media yang menarik diharapkan peserta lebih mudah memahami materi yang disampaikan meski tidak ber tatap muka .

       Sebab peran guru adalah Guru dituntut untuk berfikir kreatif dan inovatif dalam memberikan pembelajaran secara daring, sehingga anak anak tidak jenuh dalam menerima pembelajaran tersebut, bagaimana tingkat pemahaman anak atas materi materi yang telah diberikan secara daring, melalui dialog interaktif antara guru dan anak, menimbulkan tingkat pemahanan anak atas materi yang baik.

       Selain peran guru, Peran orang tua juga sangat penting yaitu Orangtua di saat pembelajaran daring sangat diperlukan oleh anak, terutama pada anak-anak tingkat SD, orang tua dituntut untuk dapat menjelaskan apa yang dijelaskan oleh pengajar, dan dapat membantu mengerjakan tugas pekerjaan rumah anak-anak. Peran penting orangtua lainnya yang sangat penting memberikan   fasilitas seperti handphone, laptop, internet, kuota dan bahan-bahan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Hal ini memicu kesenjangan karena di saat pandemic ini banyak sekali pemutusan hubungan kerja di kalangan buruh, pemotongan gaji karena dampak pandemi dan berkurangnya penghasilan bagi pelaku UMKM. Jangankan untuk memberikan fasilitas pendidikan, untuk makan saja sulit. Dengan demikian, ketika anak tidak bisa mengikuti pembe;ajaran, sehingga menimbulkan keputusaasaan dan menimbulkan putus sekolah.

         Memang pada masa pandemi ini sangat sulit dalam melakukan sebuah aktivitas yang memerlukan banyak orang. Oleh karena itu sebagai para pendidik serta orang tua  harus  sering-sering mengasah kemampuan diri dalam mengolah media digital dengan menarik dan tidak.membosankan. serta orang tua harus slalu mendampingi mereka pada saat pembelajaran agar anak mendapatkan arahan dari orang tua.

Nama : Recika Ranna Harayo

Nim: 202180003

Program studi : PGSD

Instansi : Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update