Notification

×

Iklan

Peran Teknologi dalam Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19

Wednesday, 29 December 2021 | 16:11 WIB Last Updated 2021-12-29T09:11:41Z

 


Merebaknya wabah corona virus atau dikenal dengan sebutan Covid-19 pada akhir Desember lalu di Wuhan, memunculkan kepanikan yang luar biasa. Penularan yang sangat cepat, serta belum ditemukannya obat antivirus Covid-19 membuat berbagai negara meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya virus ke negara-negara mereka. Saat ini hampir setiap negara di belahan dunia sedang dilanda wabah Covid-19 yang mematikan. Indonesia sendiri menentapkan kebiajakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diberlakukan di setiap daerah. Kebijakan tersebut menjadikan adanya perubahan-perubahan besar. Pandemi Covid-19 banyak menyebabkan adanya perubahan besar hampir di seluruh aspek kehidupan salah satunya pada sistem pendidikan. Masalah barupun mulai bermunculan, dari mulai masalah ekonomi dan sosial. Berbagai kebijakan dan pemberlakuan protokol kesehatan telah dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19. Perubahan sistem pendidikan menyebabkan para siswa menjadi sulit untuk menerima materi pembelajaran dengan maksimal, terlebih para siswa di jenjang Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak, dikarenakan pembelajaran yang biasanya dilakukan secara konvensional berubah menjadi pembelajaran jarak jauh atau dilakukan dengan cara daring, yang pelaksanaannya tidak terlepas dengan pemanfaatan teknologi informasi. Dalam pelaksanaan pembelajaran daring memberikan tantangan tersendiri bagi pelaku pendidikan, seperti pendidik, peserta didik, institusi dan bahkan memberikan tantangan bagi masyarakat luas seperti pada orang tua peserta didik. Dalam pelaksanaan pendidik harus mencari cara bagaimana agar tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran dan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik. Begitipun sebaliknya bagi peserta didik yang terus dituntut agar bisa menyesuaikan diri dalam situasi dan kondisi seperti saat ini, salah satunya kesiapan mental.

Pada masa pandemi ini, peran teknologi sangat dibutuhkan dalam interaksi antara pendidik dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran daring selama adanya kebijakan pemerintah masih tetap berjalan terlebih di saat pandemi Covid-19 seperti saat ini. Selain itu teknologi juga berperan dalam memfasilitasi pendidik untuk menyampaikan materi pembelajaran sehingga pembelajaran tetap berlangsung meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung. Dalam pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh atau biasanya disebut dengan PJJ ini menjadikan pendidik maupun peserta didik saling berinovasi dan juga memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. Sedangkan kekurangan dalam pelaksanaan PJJ ini terletak pada kendala ekonomi, ketidakmeratanya internet dan teknologi yang memadai, juga pembelajaran harus dilakukan dengan berkelanjutan agar peserta didik memahami dengan baik dan benar. Pada saat ini teknologi pendidikan mencakup upaya-upaya yang dapat bermanfaat untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien pada setiap individu. Teknologi pendidikan memberikan manfaat dalam menunjang keberhasilan pembelajaran. Peran teknologi pendidikan diantaranya seabgai berikut : (1) teknologi pendidikan sebagai alat pendudkung desain pengetahuan, (2) teknologi pendidikan sebagai sarana informasi untuk mencari tahu pengetahuan yang mendukung peserta didik, (3) teknologi pendidikan sebagai mendia dalam memfasilitasi peserta didik dalam mengemukakan argumen, (4) teknologi pendidikan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses pembelajaran, (5) teknologi pendidikan sebagai alat bantu mencapai tujuan pendidikan.

Disamping itu peran teknologi pendidikan menjadi sangat penting dalam proses pembelajaran, terlebih pada masa pandemi seperti sekarang ini. Adanya Covid-19 mengharuskan segala aktivitas dilakukan di rumah, termasuk kegiatan belajar mengajar. Untuk memutus mata rantai penularan virus Covid-19, kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka langsung oleh pendidik dan peserta didik dilakukan secara daring. Dengan adanya kegiatan pembelajaran secara daring teknologi menjadi bagian terpenting dalam membantu proses pembelajaran daring tersebut. Dengan kata lain teknologi berperan sebagai media interaksi serta transfer informasi terkait pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran daring. Teknologi juga memberikan kemudahan kepada pendidik serta peserta didik dalam melakukan pembelajaran jarak jauh. Berbagai macam platform telah disediakan dengan maksud untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran jarak jauh, diantaranya untuk mempemudah pendidik dalam melakukan penilaian terhadap peserta didik meskipun tidak dilakukan secara tatap muka langsung, dengan memanfaatkan bebagai platform seperti, google document sebagai media dalam melakukan forum diskusi online.

Keberhasilan pembelajaran darig juga tidak hanya dipengaruhi dari peran tidak hanya dipegaruhi dari peran teknologi internet saja, tetapi juga dipengaruhi dengan adanya kualitas Sumber Daya Manusia. Teknologi internet tidak akan memberikan pengaruh yang signifikan apabila SDM yang menjadi operator dalam pengguna tidak memiliki pengetahuan serta keterampilan yang baik dalam penggunaan dan pengelolaan teknologi. Untuk itu pemahaman mengenai teknologi menjadi faktor utama dalam keberhasilan pembelajaran daring. Dengan adanya teknologi internet dalam pembelajaran proses belajar mengajar berperan sangat penting, dikarenakan tanpa adanya teknologi internet dapat menghambat pembelajaran yang dilakukan secara online. Berkembangnya teknologi pendidikan sampai saat ini, emberikan warna-warni dalam proses pembelajaran berlangsung. Diantaranya dampak teknologi pendidikan di masa pandemi yaitu, terciptanya berbagai platform pembelajaran. Hal ini dapat memberikan kemudahan bagi guru dan peserta didik dalam menjalani proses pembelajaran jarak jauh. Hadirnya platform tersebut memberikan pengetahuan dan pengalaman baru pada peserta didik mengenai perkembangan teknologi. Selain itu, memberikan kemudahan bagi guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Dengan adanya teknologi pendidikan, pembelajaran lebih luas dilakukan tanpa harus bertatap muka langsung.

ANA TRI LESTARI

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

Iklan

×
Berita Terbaru Update