Notification

×

Iklan

Perkembangan Teknologi Dan Kehidupan Masyarakat

Sunday, 26 December 2021 | 00:00 WIB Last Updated 2021-12-25T17:00:00Z


Teknologi adalah suatu sarana untuk menyediakan kebutuhan masyarakat dalam keberlangsungan hidupnya. Di era sekarang ini banyak sekali macam-macam teknologi yang dapat kita jumpai. Adanya persaingan teknologi antar negara mendorong seseorang untuk lebih meningkatkan ke teknologi yang lebih baik bahkan lebih canggih. Meningkatnya sistem teknologi diindonesia menyebabkan banyak perubahan. Perubahan tersebut dapat dilihat dari berbagai inovasi teknologi yang tersedia diindonesia. Macam-macam teknologi :

1. Teknologi Informasi

2. Teknologi Komunikasi

3. Teknologi Medis

4. Teknologi Transportasi

5. Teknologi Konstruksi

Semakin hari semakin banyak teknologi informatika yang berhasil ditemukan manusia untuk membantu kegiatan bisnisnya. Dalam dunia bisnis teknologi informatika digunakan untuk perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce (E-Dagang) atau perdagangan elektronik. Banyak sekali dijumpai transaksi dagang online yang dilakukan seseorang. Dimana hal tersebut dapat memudahkan seseorang dalam mencari suatu kebutuhan tanpa harus berjalan keluar, mereka hanya menunggu sampai barang yang mereka pesan datang. 

Teknologi sangat membantu dalam bidang pendidikan. Dimasa pandemi sekarang ini, banyaknya sekolah yang menerapkan sistem Daring ( belajar dari rumah/online). Bahkan anak-anak SD sekarang hampir semua sudah memiliki yang namanya Android. Dimana kegunaannya untuk membantu kegiatan belajar. Tetapi dari hal  tersebut, bukannya digunakan untuk belajar anak-anak lebih condong digunakan untuk bermain game. 

Sering ditemui di desa-desa, dimana dapat dilihat anak-anak yang di bawah umur sedang bermain Handpone. Bahkan anak-anak rela menghabiskan uang hanya untuk bermain game. Pernah ditemui anak yang rela membeli game dengan nominal yang bisa dibilang cukup tidak wajar dan uang tersebut bahkan hasil dari mencuri. Generasi yang seperti ini dapat merusak akhlak atau moral anak-anak. Beberapa dampak negatif teknologi bagi kehidupan masyarakat :

• Membuat candu terhadap gadget yang dimiliki

• Kurangnya sosialisasi antar masyarakat

• Meningkatnya jumlah pengangguran

• Banyaknya kejahatan internet yang mempengaruhi daya pikir seseorang

Dari dampak negatif di atas kita sebagai seseorang yang hidup di era sekarang ini harus lebih pintar dan selektif dalam memilah kegiatan dan informasi yang ada.

Penulis : Ervina Dwi Purwitasari/Mahasiswi Universitas Muhammadiyah Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update