Notification

×

Iklan

Runtuhnya Hubungan Sosial Ditengah Pandemic Covid 19

Monday, 27 December 2021 | 10:10 WIB Last Updated 2021-12-27T03:10:49Z

 

ilustrasi/foto detik.com

Pada saat ini kita masih menghadapi wabah penyakit yang disebabkan oleh virus, yaitu virus covid 19, hampir semua aspek kehidupan mengalami perubahan-perubahan yang semakin mengkhawatirkan masyarakat Indonesia dan seluruh dunia. Runtuhnya hubungan sosial ditengah pandemi covid 19 ini merupakan salah satu perubahan yang menyebabkan kurangnya interaksi dan kepedulian antar sesama. Namun demikian, ada sisi positif dari masa pandemi ini yakni, menjadikan kedekatan seorang anak dengan keluarga, mengubah konsep sosial yang berdampak pada perubahan pola pikir, serta sikap masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Karena adanya kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mau tidak mau, berbagai aktivitas sosial yang sebelumnya dilakukan dengan leluasa, kini harus mematuhi kebijakan yang telah ditetapkan tersebut dengan mematuhi protokol Kesehatan (ProKes).

Dari sisi lain, beberapa sektor dalam bentuk hubungan sosial yang telah runtuh di Indonesia saat ini yaitu sektor perekonomian dan Pendidikan. Pada sektor perekonimian, aktivitas jual beli baik secara tradisional maupun modern yang dulu berhubungan secara leluasa untuk bertransaksi kini dibatasi dengan menjaga jarak. Hubungan tersebut juga menjadikan sebagian banyak penjual mengalami gulung tikar. Dan pada sektor Pendidikan,aktivitas belajar mengajar baik di sekolah dan perguruan tinggi juga harus dilakukan secara virtual atau dalam jaringan dengan memanfaatkan teknologi yang ada. Kondisi-kondisi tersebut menjadikan hubungan sosial antara penjual-pembeli, siswa-guru, atau mahasiswa- dosen dll, mengalami ketidak puasan dalam komunikasi, di Kondisi pandemic saat ini menyebabkan beberapa masyarakat yang tidak peduli dengan lingkungan sekitanya dikarenakan takut tertularnya virus, yang hanya memikirkan diri sendiri dan keluarga dekatnya. Padahal kita sebagai makhluk sosial yang hidup selalu bedampingan dan membutuhkan bantuan dari orang lain.

Dengan keadaan seperti ini jadi orang tua harus melalukan pengawasan yang lebih terhadap pergaulan anak-anaknya, karena adanya pandemic ini anak lebih banyak waktu dirumah sehingga sering tidak bersosial dengan masyarakat dan teman sekitar.

Penulis : Dufiana Tofani dari UMP

Iklan

×
Berita Terbaru Update