Notification

×

Iklan


Bupati-Wabup Tinjau Lagi Korban Bencana Banjir

Thursday, 17 March 2022 | 18:09 WIB Last Updated 2022-03-17T11:10:01Z


PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Hingga hari Rabu (16/03/2022) kemarin, banjir masih melanda sebagian wilayah Kabupaten Purworejo. Walaupun empat dari enam kecamatan airnya terpantau telah surut, namun di dua kecamatan yaitu Butih dan Grabag banjir masih menggenang cukup tinggi.


Hal tersebut membuat Bupati Purworejo RH Agus Bastian SE MM dan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH membagi tugas untuk kembali melakukan monitoring dan peninjauan ke lokasi banjir. Bupati Agus Bastian mengawali kunjunganya di SPBU Klepu dan sekitarnya yang tergenang air.


"Saat ini air memang masih menutup jalan nasional yang menghubungkan Kebumen Purworejo, walaupun tak separah seperti tahun lalu. Kalau tahun lalu benar-benar memutus jalan Purworejo-Kebumen serta Purworejo-Jogjakarta," katanya


Selanjutnya, Bupati mengunjungi Desa Kedungmulyo Kecamatan Butuh dan Desa Bendungan Kecamatan Grabag yang merupakan dua daerah langganan banjir. Di Kedungmulyo sendiri para warga yang mengungsi ditempatkan di sebuah bangunan 2 lantai sehingga relatif lebih aman.

Menurut Bupati, banjir telah melanda 32 desa pada 6 kecamatan dan 6.085 warga harus mengungsi serta ribuan lainnya bertahan di rumahnya masing-masing. Bupati pun berharap agar pelayanan cek kesehatan segera disiapkan untuk memberikan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat.


"Di Desa Bendungan ini banjirnya biasanya bertahan lama karena air akan pergi hanya melewati sungai, sedangkan sungainya saja masih meluap dan daerah sebelah utara juga belum surut semua. Pemda juga telah melakukan dropping logistik, obat obatan serta keperluan lainya bagi masyarakat terdampak melalui posko, kecamatan dan puskesmas setempat ," tandasnya.


Disisi lain, Wakil Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH  didampingi Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP meninjau sejumlah posko pengungsian diantaranya Posko Pusdiklat Kutoarjo, Kantor Desa Klepu, dan Balai Desa Wonoyoso.


Di posko pengungsian Pusdiklat Kutoarjo terdapat 20 KK yang mengungsi, sedangkan di Kantor Desa Klepu Kecamatan Butuh 15 KK dan di Balai Desa Wonoyoso Kecamatan Pituruh ada 94 KK.  “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana banjir. Dan saya juga turut berdoa mudah-mudahan banjir segera surut, dan masyarakat bisa beraktifitas normal kembali” harapnya.


Sementara itu Camat Pituruh Bangun Erlangga Ibrahim SSTP MM menyampaikan terimakasih atas bantuan sosial kepada warganya yang terdampak banjir. Ia berharap bantuan ini dapat membantu kebutuhan warga selama mengungsi.


"Sebagian warga pengungsi berprofesi sebagai petani. Sehingga banyak diantara mereka yang saat ini sudah pergi ke sawah, untuk menyelamatkan padi siap panen di areal bersawahan yang tergenang. Tentu ini sebuah pukulan berat bagi petani," katanya.


Kontributor : Propim Pemkab Purworejo

Iklan

×
Berita Terbaru Update