Notification

×

Iklan

Sebanyak 311 Calon Jamaah Haji Purworejo Berangkat dan Terbagi Dua Kloter

Selasa, 24 Mei 2022 | 19:08 WIB Last Updated 2022-05-24T12:08:15Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Setelah dalam dua tahun terakhir tertunda, pada tahun ini jamaah haji Indonesia kembali dapat melaksanakan ibadah haji walaupun tidak dengan kuota penuh. Tak terkecuali para calon jamaah haji di Kabupaten Purworejo yang pada hari ini, Selasa (24/05/2022) mengikuti acara Pembukaan Manasik Haji Tingkat Kabupaten Purworejo Tahun 1443 H / 2022 M. Dalam acara yang dipusatkan di pendopo Bupati Purworejo tersebut hadir mewakili Bupati Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs Bambang Susilo, Wakil Ketua DPRD Kelik Susilo Ardani SE MIP MAP, Kepala Kemenag Drs Fatkurrohman MPdi, Perwakilan Forkopimda serta unsur terkait lainya.

Drs Bambang Susilo yang membacakan sambutan Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Purworejo merasa sangat bangga dan turut berbahagia, karena calon jamaah telah mempunyai niat dan telah mendapatkan porsi untuk menunaikan ibadah haji pada tahun ini. 
"Semoga pelaksanaan ibadah haji, mulai dari manasik hingga berangkat haji dan pulang kembali ke tanah air, dapat berjalan dengan lancar, aman, selamat, serta bisa membawa predikat sebagai haji mabrur," katanya.

Berdasarkan informasi di Kementerian Agama melalui pantauan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) di Jawa Tengah per tanggal 19 Mei 2022, masa tunggu atau antrian berangkat haji sudah mencapai 63 tahun dengan jumlah daftar tunggu (waiting list) mencapai 864.665 orang. "Artinya kalau kita mendaftar haji pada hari ini, maka kemungkinan berangkat adalah sekitar tahun 2084. Hal ini berdasar estimasi kuota tahun ini yang hanya 45,6% dari kuota normal. Tahun ini Indonesia mendapat kuota 100.051 jamaah. Kita berharap tahun yang akan datang penyelenggaraan haji dapat memperoleh kuota normal yakni  221.000 jamaah atau bahkan bisa ditambah," harapnya.
Sementara itu Kepala Kemenag Faturrohman MPdi menjelaskan pelaksanaan bimbingan manasik haji di kabupaten purworejo akan dilaksanakan pada 24 - 25 Mei 2022. Sementara itu untuk bimbingan kelompok akan dilakukan setelahnya pada 26 Mei hingga 1 Juni 2022 di wilayah masing - masing kecamatan. Beberapa materi akan disampaikan diantaranya tentang kebijakan penyelenggaraan haji/umroh dari Pemerintah Indonesia maupun Pemerintah Arab Saudi, Kebijakan pelayanan kesehatan haji, serta alur penyelenggaraan haji.

"Jamaah haji dari Purworejo pada tahun ini sebanyak 311 jamaah berada pada kloter 37 dan 38. Akan diberangkatkan dari Purworejo mulai tanggal 28 Juni 2022 menuju asrama haji donohudan Solo. Pemda akan menurunkan petugas haji daerah berjumlah 2 orang. Selain itu jamaah akan didampingi oleh PPIH Kloter sebanyak 2 orang, yang terdiri dari 1 orang Ketua Kloter dan 1 orang Pembimbing Ibadah, serta 1 orang Pembimbing KBIHU untuk melayani dan membimbing seluruh jamaah selama proses pelaksanaan ibadah haji," jelasnya.

Kontributor : Achmad Rohadi
Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update