Notification

×

Iklan


Maraknya Wabah PMK Pada Ternak, Polsek Pituruh Lakukan Patroli Pengecekan Kesehatan Hewan Ternak

Rabu, 08 Juni 2022 | 15:49 WIB Last Updated 2022-06-08T08:54:46Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Merebaknya penyakit pada hewan ternak menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 H, Polsek Pituruh melakukan patroli ke para peternak sapi yang berada di wilayah kecamatan Pituruh, Rabu, 08/06/2022.


Kapolsek Pituruh AKP Saptohadi,  Spd, SH, MH, pada saat patroli mengatakan kepada peternak sapi harus lebih waspada dengan adanya penyakit mulut dan kuku yang beberapa bulan ini menyebar di wilayah Jawa Timur dengan adanya penyakit PMK.


"Saya bersama anggota Unit Binmas Polsek Pituruh pada hari ini Rabu, 08/06/2022 siang melakukan kegiatan pengecekan kandang sapi milik Supriyanto warga Dukuh Kemincip Rt.01/Rw.05 Desa Kendalrejo.'' ucap Saptohadi.

Ia menambahkan bahwa dari hasil pengecekan tersebut tidak adanya temuan gejala penyakit mulut dan kuku IPMK terhadap hewan ternak, dan hewan ternak yang dimiliki warga Desa Kendalrejo ini dalam keadaan sehat.


"Dari hasil pengecekan Polsek Pituruh di desa Kendalrejo terdapat 1 ekor sapi betina dan 1 ekor jantan dalam kondisi sehat. " ucapnya.


"Dengan adanya pengecekan ini saya menghimbau kepada pemilik ternak agar segera melapor ke dinas peternakan atau mantri kesehatan hewan, apabila mendapati hewan piaraan dalam keadaan tidak sehat. Dan selalu menjaga kebersihan kandang dan hewan ternaknya." imbunya.

"Supaya PMK ini tidak menjangkit ternak warga, seperti sapi dan kambing. Warga harus selalu rutin mengecek kebersihan kandang, kandang harus di semprot dengan disinfektan, menghindari masuknya ternah dari daerah terjangkit, rutin memeriksa kesehatan hewa dengan mengkontrol dengan dokter hewan." kata Sapto.


"Karena ini mendekati hari raya idul adha 1443 H, semoga ternak yang ada di wilayah kecamatan Pituruh dalam kondisi sehat dan warga bisa melaksanakan ibadah berkurban dengan nyaman dan tentram." tambah Sapto


"Pengecekan ini saya juga sudah berkoordinasi dengan petugas PPL Kec Pituruh, Koramil/09 Pituruh, Perangkat Desa. Sejak kami melakukan patroli diwilayah kecamatan Pituruh tidak adanya tanda-tanda terdapat gejala di PMK, meskipun PKM tidak berdampak bagi manusia, namun apabila ada yang terjangkit, akan banyak merugikan peternak. " tutupnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update