Notification

×

Iklan

Pemilihan Duta Genre Purworejo Tahun 2022

Jumat, 24 Juni 2022 | 16:00 WIB Last Updated 2022-06-28T07:18:41Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Peran generasi muda dalam pembangunan daerah maupun pembangunan nasional sangatlah penting dan strategis. Karena enerasi muda  merupakan aset sumber daya manusia, yang nantinya akan menjadi turbin penggerak pembangunan, untuk membawa kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat.


Hal itui disampaikan Wakil Bupati Hj Yuli Hastuti SH dalam acara Grand Final Pemilihan Duta GenRe Kabupaten Purworejo Tahun 2022, Rabu (22/06/2022) kemarin. Dalam acara yang dipusatkan di Pendopo Bupati Purworejo tersebut hadir pula Kepala Dinsosdaldukkb Ahmat Jainudin SIP, dewan juri, para PLKB Se-Kabupaten Purworejo, instansi terkait serta para finalis Duta GenRe tahun 2022.


Dikatakan Wabup, untuk menyiapkan generasi emas berkualitas perlu diawali dengan pembinaan remaja, salah satunya melalui program GenRe (Generasi Berencana), yang diimplementasikan melalui pemberdayaan teman sebaya dan penguatan pengasuhan keluarga. Duta Genre merupakan program yang dikembangkan dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman kedewasaan usia perkawinan.


"Pemilihan Duta Genre merupakan ajang pemilihan remaja putra dan putri sebagai role model dan motivator di kalangan generasi muda, yang nantinya berperan memberikan wawasan tentang  kesehatan reproduksi  remaja,  bahaya  seks bebas, bahaya narkoba serta bahaya  HIV/AIDS," ungkapnya.


Selain itu, lanjut Wabup, duta genre diharapkan juga mampu memberikan sosialisasi dan edukasi untuk pendewasaan usia pernikahan (PUP) dan persiapan menjadi orang tua hebat dengan menerapkan 8 fungsi keluarga. Duta Genre harus bisa menjawab tantangan Program Nasional yang saat ini menjadi program prioritas yaitu percepatan penurunan stunting.


"Pencegahan stunting diawali dari usia remaja / usia pra nikah dan idealnya usia nikah remaja putri adalah 21 tahun dan laki laki 25 tahun. Pada  usia pranikah  menjadi moment penting  dimana usia  ini sangat rawan dan rentan  sehingga perlu mendapat perhatian khusus pendampingan dan pembinaan," pungkasnya.


Sementara itu di akhir acara, telah didapat 3 besar untuk Duta GenRe putra dan putri berdasarkan akumulasi nilai para juri. Untuk putra, Aditya Candra Wijaya dengan poin 497 di tetapkan sebagai peringkat pertama, disusul oleh Arga Teja Bimantara 487 poin dan M Nur Rohman dengan 477 poin. Sementara untuk putri, Argya Margaretha mendapat 506 poin di peringkat 1, diikuti oleh Sekar Alifia dan Maria Khansa di peringkat kedua dan ketiga dengan 498 serta 481 poin.

Iklan

×
Berita Terbaru Update