Notification

×

Iklan

Desa Megulungkidul Juara III Desa Brilian 2022 Tingkat Nasional

Jumat, 23 Desember 2022 | 08:21 WIB Last Updated 2022-12-23T06:22:53Z

JAKARTA, (pituruhnews.com) - Dalam rangka memberikan apresiasi bagi desa - desa yang aktif tergerak memajukan desanya melalui program "Desa BRILIAN", Bank BRI menyelenggarakan puncak acara program "Desa BRILIAN" berupa "Nugraha Karya desa Brilian 2022.

Malam puncak Nugraha Karya Desa Brilian diselenggarakan pada malam ini Kamis (22/12/2022) dan dilakukan dalam 2 format penyelenggaraan yaitu “Bincang Desa Brilian” bertempat di Hotel Shangri-La Jakarta dan “Malam Puncak Nugraha Karya desa Brilian 2022” bertempat di Menara BRILian Jakarta, dengan dipandu oleh dua host kenamaan yaitu Astrid Tiar dan Indra Herlambang. Dan disiarkan langsung oleh channel youtube BANK BRI.


Desa BRILian merupakan program inkubasi yang bertujuan menghasilkan role model dalam pengembangan desa.Pengembangan desa tersebut tentunya melalui implementasi praktik kepemimpinan desa yang unggul serta semangat kolaborasi untuk mengoptimalkan potensi desa berbasis Sustainable Development Goals (SDG's).

Desa Brilian ini terbagi menjadi tiga batch, yaitu batch pertama, kedua dan ketiga. Desa Megulungkidul mampu menorehkan prestasi di acara desa brilian 2022 pada bulan September sampai Desember, Desa Megulungkidul berhasil juara I di batch III. Dan maju ke Nugraha Karya Desa Brilian 2022, yang mana Nugraha Karya ini adalah penggabungan 5 Besar batch I, II dan III.


Kepala Desa Megulungkidul Malik Khairul Anam, saat dikonfirmasi usai acara melalui whatsaap bahwa merasa bangga bisa mewakili desa Megulungkidul mengikuti ajang bergengsi ini diacara Desa Brilian 2022 dan mendapatkan tiga besar tingkat Nasional.

Anam menceritakan, bahwa Desa Brilian ini penyelenggar utama Adalah BRI jadi program Ini adalah program setiap tahun/piala bergilir. BRI pusat menggandeng Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kementrian Desa PDTT dan Dari Akademisi dari Universitas Diponegoro untuk tahun ini. Jadi Proses mengikut desa brilian ini sudah lama. 


Jadi awalannya syarat Desa Brilian itu yang paling utama adalah memiliki Bumdes aktif dan memiliki produk unggulan desa untuk produk inovasi desa. Desa Megulungkidul selain padi, kacang hijau, dan anggur. Ini menjadikan produk inovasi pertanian lainnya taman anggur. Tidak hanya itu, produk olahan kelapa juga ada, seperti gula merah, minyak goreng kelapa yang sudah ekspor ke Hongkoing dan New Zealand.


"Untuk pokok utamanya adalah Bumdes yang aktif dan mampu berkolaborasi dengan UMKM Desa. " ucap Malik.
"Sebelumnya pada desa Brilian batch III ini diikuti 350 desa dan desa Megulungkidul berhasil menjuarai I dan mendapatkan nominasi 15 besar dari tiga batch ini, lalu maju ke Nugraha Karya Desa Brilian 2022 dengan proses seleksi, Presentasi, Wawancara, Membawa Produk Unggulan Desa. Alhamdulillah dari 15 desa ini yang diseleksi jadi nominasi 5 terbaik dan di akhir desa Megulungkidul juara III desa Brilian tingkat Nasional 2022 dan memdapatkan bantuan sarana prasarana sebesar Rp. 50.000.000,-" kata Malik.

Dalam pemenang ini untuk juara I diraih oleh Desa Pujonkidul, Malang, juara II Juara II Pecatu, Bali dan Juara III Megulungkidul, Purworejo. Acara ini juga dimeriahkan oleh musisi Ndarboy Genk dan Tidak hanya itu, para undangan yang hadir juga akan disuguhkan penampilan stand up comedy dari Cak Lontong.

"Desa Megulungkidul merupakan dampingan dari Bank BRI Unit Wonoyoso." tutupnya.

Penulis : Risky/Lutfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update