Notification

×

Iklan


Ratusan Anak Ikuti Kompetisi Pesta Siaga Kwarran Pituruh

Rabu, 14 Desember 2022 | 21:30 WIB Last Updated 2022-12-14T23:52:02Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Ratusan anak Pramuka siaga mengikuti kompetisi  dalam Pesta Siaga Kwaran Pituruh, Kabupaten Purworejo, Rabu (14/12/2022). Mereka berkompetisi dalam permainan-permainan yang telah disediakan oleh panitia.

Para peserta pramuka yang berkompetisi ini terdiri dari 33 barung putra dan 35 barung putri dari 35 Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Pituruh. Setiap sekolah mengeluarkan dua barung laki-laki dan perempuan, yang terdiri dari delapan orang per barung.


Setiap barung yang terdiri dari delapan orang anak,  harus menyelesaikan sebelas taman permainan, diantaranya Hafalan Doa, Benar salah Toleransi beragama, benar salah pengetahuan umum, peta jateng pintar, patriotisme (menyanyikan lagu nasional), menempel tanda pengenal pramuka, tali temali, sandi pramuka dan kompas, fun ball, bumbung kemanusiaan, dan kebersihan lingkungan membedakan jenis sampah.

 

Dalam pesta siaga kali ini,  juga dikenakan aturan ketat oleh panitia,  di antaranya batasan usia maksimal kelahiran 1 Juni 2012. Pesta siaga di Kwaran Pituruh ini mengambil lokasi di Lapangan dan halaman SDN Megulungkidul, Jalan Pituruh - brengkol, Kabupaten Purworejo.  Pesta siaga yang diselenggarakan selama sehari, Rabu hari ini diharapkan bisa mencetak generasi yang “Sehat, Cerdas, Tanggap, dan Ceria” 


Kegiatan pesta siaga yang dimulai tepat pukul 07.00 WIB ini tampak sangat meriah. Para peserta tampak fokus dan senang dalam mengikuti lomba. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan menggunakan barisan lingkaran yang menandakan siaga masih perlu adanya bimbingan dan dukungan yang secara bergandengan. Pembina upacara yaitu Bunda Gelis Ickbal Nugroho selaku istri dari Kamabiran Pituruh Ickbal Nugroho selaku Camat Pituruh. Turut hadir pula Ketua dan anggota Mabiran Pituruh, Ketua Kwarran Pituruh, Kamigus se-Kwarran Pituruh dan perwakilan dari Kwarcab Purworejo. 


Adapun untuk hasil perlombaan pesta siaga tahun 2022 Kwarran pituruh untuk Juara tergiat 1 putra diperoleh untuk Gugus SDN Sutogaten dengan poin yang diperoleh 752, Juara tergiat 2 putra diperoleh untuk Gugus SDN 1 Kaligintung dengan poin yang diperoleh 733, Juara tergiat 3 putra diperoleh untuk Gugus SDN Luwenglor dengan poin yang diperoleh 708, Juara tergiat harapan 1  putra diperoleh untuk Gugus SDN Pituruh dengan poin yang diperoleh 686, Juara tergiat harapan 2  putra diperoleh untuk Gugus SDN Blekatuk dengan poin yang diperoleh 684, Juara tergiat harapan 3  putra diperoleh untuk Gugus SDN 2 Kaligintung dengan poin yang diperoleh 684. Nilai yang sama diambil nilai tertinggi pada taman Patriotisme.

Selanjutnya untuk hasil perlombaan pesta siaga tahun 2022 Kwarran pituruh untuk Juara tergiat 1 putri diperoleh untuk Gugus SDN Prigelan dengan poin yang diperoleh 759, Juara tergiat 2 putri diperoleh untuk Gugus SDN Girigondo dengan poin yang diperoleh 737, Juara tergiat 3 putri diperoleh untuk Gugus SDN Ngampel dengan poin yang diperoleh 727, Juara tergiat harapan 1  putri diperoleh untuk Gugus SDN Prapaglor dengan poin yang diperoleh 719, Juara tergiat harapan 2  putri diperoleh untuk Gugus SDN Megulunglor dengan poin yang diperoleh 707, Juara tergiat harapan 3  putri diperoleh untuk Gugus SDN Kembangkuning dengan poin yang diperoleh 707. Nilai yang sama diambil nilai tertinggi pada taman Patriotisme. 


Desty, salah satu peserta merasa senang mengikuti pesta siaga kali ini.  “Saya sangat senang mengikuti pesta siaga dan dapat memberikan kemenangan bagi sekolah” ucap Desty.  


"Kami berharap pesta siaga ini kegiatannya disesuaikan dengan usia anak-anak. Karena pesta siaga ini menumbuhkan sikap Sehat, Cerdas, Tanggap, dan Ceria sesuai tema pesta siaga kwarran pituruh tahun 2022" kata Rido selaku Ketua Panitia


"Selain itu pesta siaga ini juga diharapkan bisa membuat anak-anak lebih kreatif dan mandiri," paparnya.

Kontributor : Syukron Zahidi Arrahmi

Iklan

×
Berita Terbaru Update