Notification

×

Iklan

Mahasiswa KKN UMPwr 2023 unit 5 Desa Gesikan Gelar Seminar BUDIKDAMBER

Kamis, 26 Januari 2023 | 22:25 WIB Last Updated 2023-01-26T15:45:07Z

KEMIRI, (pituruhnews.com) - Usaha meningkatkan pendapatan di dunia perikanan, Mahasiswa KKN UMPwr 2023 unit 5 Desa Gesikan menggelar seminar bertemakan Menerapkan Rumah Pangan Lestari melalui BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember).

Kegiatan ini dilakukan pada tanggal 18/01/2023 di Desa Gesikan, Kemiri. Dengan mengundang narasumber Yuni Astuti, S.P, sasaran seminar ini yaitu 30 anggota KWT (Kelompok wanita Tani) Lestari Abadi Desa Gesikan, Kecamatan Kemiri.  Dan  penyelenggara menyediakan 4 ember instalasi budikdamber. 

Glady Anliza Syaharani mengatakan, kegiatan ini diadakan melalui program KKN UMP salah satu program, dimana bahwa Indonesia pada tahun 2023 mendapatkan isu resesi 2023 dengan harapan sosialisasi dan pelatihan budikdamber ini besa membantu, serta mengantisipasi adanya resesi ini.

"BUDIKDAMBER (Budidaya Ikan Dalam Ember) berpeluang meningkatkan kebutuhan akan protein hewani dan sayuran serta memudahkan masyarakat mendapatkan ikan dan sayur dalam satu wadah di lingkungan tempat tinggal. " katanya.

Glady menambahkan selain mudah dilakukan, budikdamber dapat menggunakan media yang kecil, portabel, hemat air dan tidak membutuhkan listrik. Maksud dilakukannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kempuan keluarga dan masyarakat secara ekonomi dan sosial dalam memenuhi kebutuhan pangan dan gizi dengan mengoptimalkan pekarangan secara lestari menuju keluarga dan masyarakat yang sehat mandiri dan sejahtera.

"Tujuan untuk meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas dan pemanfaatan pekarangan sebagai sumber pangan rumah tangga. Dengan sosialisasi dan pelatihan ini pemateri memberikan cara pemanfaatan air PDAM untuk budidaya ikan. Air PDAM yang digunakan dicampurkan anti klorin untuk menghilangkan kandungan kaporit yang ada di air." imbuhnya.

Yuni Astutu S.P mengatakan Budikdamber berpeluang meningkatkan kebutuhan akan protein hewan dan sayuran serta memudahkan masyarakat mendapat ikan dan sayur di lingkungan tempat tinggal. Dengan budikdamber ibu ibu bisa mendapatkan sayuran segar dengan mudah karena biasanya pasokan sayur dari Purworejo di dapat dari Wonosobo atau Magelang.

"Saya sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang ditanyakan seperti “bagaimana proses mengganti air?” jawab “air yang ada didalam ember dibuang setengahnya menggunakan selang agar endapan yang ada dibawah ikut terbuang, kemudian isi air kembali sampai memenuhi takaran ember seperti awal”."paparnya.

Anggota KKN kelompok 5 Universitas Muhammadiyah Purworejo

1. GILANG NUGRAHA managemen

2. DWI AJI UTOMO managemen

3. TRI YOSIANA managemen

4. DIAH AYU WASKITANINGSIH managemen

5. GLADY ANLIZA SYAHARANI psikologi

6. PUTRI PERMATASARI agribisnis

7. SITI NURJANNAH agribisnis

8. LAILATUL MUTHOLIBAH agribisnis

9. DENY YULIANTO PTO

10. BAGUS JULI YANTO teknik sipil

Iklan

×
Berita Terbaru Update