Notification

×

Iklan


Upaya KKN-T UMP Pemanfaatan Lahan Kosong Warga Kalijering Untuk Ditanami Kebun Gizi Tahan Inflasi

Kamis, 19 Januari 2023 | 07:28 WIB Last Updated 2023-01-19T00:47:46Z

KALIJERING, (pituruhnews.com) - Upaya meningkat pertanian di Desa Kalijering Pituruh,  KKN-T Universitas Muhammadiyah Purworejo menggelar Penyuluhan Kebun Gizi Tahan Inflasi, di Aula Balai Desa Kalijering, Rabu, 18/01/2023 pagi.


Penyuluhan ini diikuti sedikitnya 30 warga desa Kalijering, dan Mahasiswa KKN-T UMP serta Pemerintah Desa oleh Kasi Pemerintahan Desa KalijeringMahmudin, Narasumber Dedi Runanto, S.E., M.Si. Dosen Fakultas Ekonomi UMP.

Diungkapkan, Ketua KKN-T UMP  Dandung Prabowo bahwa kegiatan Penyuluhan Kebun Gizi Tahan Inflasi ini bisa memberikan manfaat untuk warga masyarakat desa Kalijering. " Adanya kegiatan ini diharapkan dapat menggunakan lahan kosong di sekiling rumahnya ditanami tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari yang mempunyai daya inflasi." katanya.


"Dengan memanfaatkan lahan yang kosong ditanami tanaman yang mempunyai inflasi seperti cabe merah, rawit dan terong ini bisa untuk dibutuhan pangan setiap hari. " harapnya.


Dedi Runanto menambahkan, ini salah satu apreasi mahasiswa KKN-T UMP di desa Kalijering bisa mengadakan kegiatan potensi ditempat kuliah kerja nyata (KKN).


"Kebun Gizi adalah tanaman  yang memang kolotailnya itu sangat rentan terhadap inflasi, jadi program dari KKN ini ingin membangun ketahanan pangan untuk keluarga di desa Kalijering." harapnya.


"Tujuan Penyuluhan Kebun Gizi Tahan Inflasi ini adalah bagaimana keluarga di desa Kalijering Ini mampu untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya bisa lebih optimal untuk budidaya ketahanan pangan seperti cabai, karena cabai ini kadang kalanya harga di pasar cukup mahal yang kemudian warga bisa memanfaatnya peluang dan lahan untuk ditanami cabai." imbuhnya.


"Melalui kegiatan ini diharapkan warga ini bisa memahami apa pemateri dalam penyuluhan saja, dan tidak hanya sekedar menanam, tetapi juga bisa memelihara hewan seperti ikan dan unggas. Karena mengingat di Kalijering ini sangat potensial. Disisi lain juga nantinya bisa menghemat pengeluaran yang seharusnya beli ini bisa menamen miliknya sendiri." tambahnya.

Sementara itu, Kasi Pemerintahan Kalijering Mahmudin sangat mengapresiasi dengan adanya KKN dari Universitas Muhammadiyan Purworejo tahun 2023 ini dengan menggelar kegiatan penyuluhan kebun gizi tahan inflasi, karena ini bisa menjadikan desa yang mandiri pangan dan pupuk.


"Adanya kkn di desa Kalijering bisa mem-follow up dengan membagikan bibit tanaman supaya warga bisa langsung praktek, deng harapan langsung membuat pekarangan untuk lebih produktif dan bisa mengurangi pengeluaran rumah tangga untuk pembelian bahan baku dengan menggunakan hasil kebunya sendiri. " paparnya.

Kontributor : Tomi/Riski

Editor : Luthfi

Iklan

×
Berita Terbaru Update