Notification

×

Iklan


Bertabur Penghargaan Peringatan Hari Pramuka Ke-62 di Purworejo

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 14:38 WIB Last Updated 2023-08-26T07:38:37Z
KEMIRI, (pituruhnews.com) - Wakil Bupati Purworejo bertindak sebagai inspektur upacara dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Gerakan Pramuka tingkat Kabupaten Purworejo di Lapangan Kecamatan Kemiri, pada Sabtu (26/8/2023). Turut hadir pada acara Kapolres Purworejo, Dandim Purworejo, Ketua Kwarcab Purworejo, dan Jajaran Andalan dari Kwarcab Purworejo. 

Wakil Bupati Yuli Hastuti, juga Ketua Harian Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Purworejo, mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun ke-62 Gerakan Pramuka. Yuli Hastuti menyampaikan amanat Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka, Budi Waseso kepada seluruh peserta upacara.
Yuli Hastuti mengaku bangga bisa mengikuti apel besar dan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun Pramuka ke-62 Gerakan Pramuka tingkat Kwarcab Purworejo tahun 2023. Menurutnya, acara dikemas dengan luar biasa dan berkesan.

Selain itu, Wakil Bupati Purworejo memberikan apresiasi kepada para anggota Pramuka yang bertakwa, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai suci. Ia menggambarkan Pramuka sebagai komunitas yang senang berdiskusi, tekun, hemat, peduli terhadap alam, dan mencintai sesama manusia dengan memberikan penghargaan kepada anggota dewasa Pramuka Kwarcab Purworejo. 

Pemberian penghargaan Pancawarsa kepada tokoh-tokoh Pramuka berprestasi di Kabupaten Purworejo, sebanyak 126 pramuka dewasa mendapatkan penghargaan dengan diwakili 24 pramuka dewasa untuk menerima lencana penghargaan. Salah satu penerima penghargaan, Budi Arwanto, yang juga Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pituruh, berbagi pengalaman inspiratif tentang perjalanan panjangnya di dunia Pramuka.  Awal mula dirinya bergerak di kepramukaan dengan tekad dan tanggung jawab membina generasi muda mendorongnya untuk aktif dalam Gerakan Pramuka. 
Ia mengungkapkan, dirinya merasa sangat bangga telah terjun langsung dan masih bertahan di dunia Pramuka, meskipun tanpa upah dan diiringi dengan usia yang sudah tidak muda lagi. Tak hanya itu, ia juga merasa bangga atas penghargaan Pancawarsa yang telah diterimanya saat ini.

"Ini hanya sebagian kecil saja mendapatkan penghargaan Pancawarsa, itu hanya kasih sayang dari kwartir daerah kepada insan-insan Pramuka yang tetap mau eksis, bukan diukur dengan usianya, muda atau tua, tapi berbakti tanpa henti di gerakan pramuka," katanya.

Di kesempatan itu juga dilakukan pembagian hadiah berbagai lomba kepada pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Hari Pramuka. Antara lain Tergiat pada kegiatan Estafet Tunas Kelapa, Penyelenggara Terbaik Pada peringatan Hari Pramuka, Peraih Video Pramuka tingkat Kwarda, dan Pramuka Garuda Terbaik. 

Kegiatan peringatan Hari Pramuka ke-62 Tingkat Kwarcab Purworejo ditutup dengan Ratusan Siswa melakukan senam semaphore dan dilanjutkan parade drumband. 

Dengan penuh semangat dan dedikasi dari para anggota Pramuka dan tokoh inspiratif, peringatan HUT ke-62 Pramuka di Kabupaten Purworejo menjadi momen yang memberikan inspirasi dan harapan bagi generasi muda Indonesia. 

Kontributor : Syukron

Iklan

×
Berita Terbaru Update