Notification

×

Iklan

Fantastis Dana Pentas Hiburan Rakyat dan Pituruh Expo 2023 Mencapai Seratus Tiga Puluh Juta, Di Tutup Pagelaran Wayang Kulit Ki Sunarpo Guno Prayitno

Sabtu, 26 Agustus 2023 | 01:06 WIB Last Updated 2023-08-25T23:16:12Z

PITURUH, (pituruhnews.com) - Dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT Ke-78 Republik Indonesia, Pemerintah Kecamatan Pituruh menggelar Pentas Hiburan Rakyat dan Pituruh Expo 2023, mulai tanggal 17 hingga 25 Agustus 2023, bertempat di Halaman Kecamatan Pituruh.


Malam puncak pentas hiburan rakyat ini pada tanggal 25 Agustus 2023 pada pukul 20.30 WIB, dengan pentas kesenian hiburan rakyat pageleran wayang kulit semalam suntuk oleh Ki Dalang Sunarpo Guno Prayitno dari Grabag, Purworejo. Acara ini dihadiri oleh beberapa oleh Bupati Purworejo diwakili oleh Kepala Dindikbud Wasit Diono, Kepala Dinas KUKMP Kabupaten Purworejo Gatot Suprapto, Anggota DPRD Kabupaten Purworejo Akhmad Ngafifurrohman, Wilcambidik Kecamatan Pituruh, Jajaran Forkompimca Pituruh baik dari Polsek, Koramil, KUA Pituruh, Puskesmas dan semua elemen masyarakat Pituruh terutama 49 Desa Kecamatan Pituruh. Serta paskibra tahun 2023 kecamatan Pituruh.

Bupati Purworejo, Agus Bastian diwakili oleh Wasit Diono dalam sambutannya sangat mengapresiasi atas terselenggeranya Pentas Hiburan Rakyat dan Pituruh Expo 2023 ini, karena Pituruh Expo merupakan salah satu sarana efektif untuk memacu produk lokal dalam meningkatkan kualitas, Kreativitas, dan Produktivitas.


“Selain untuk memeriah HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ini juga bisa menjadi kreativitas dan ajang promosi potensi daerah yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi masyarakat. Kegiatan ini merupakan refleksi dari semangat kerja sama, inovasi, dedikasi, dan komitmen masyarakat serta pemerintah untuk mendorong perkembangan ekonomi daerah dengan UMKM sebagai salah satu pilar utama. “ ucapnya.


“Melalui acara ini diharapkan mampu menginplementasikan gerakan yang di gelorakan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo yaitu Tresno Purworejo Larisi Purworejo. dan bukan hanya sekadar memamerkan produk dan jasa unggulan UMKM, tapi lebih jauh lagi. Selain itu juga bisa menggerakan semangat kewirausahaan serta transformasi UMKM agar mampu bersaing dan menjadi kekuatan ekonomi yang mampu merespon tantangan masa depan.” Imbuh Bupati Agus Bastian melalui Wasit Diono.

Wasit juga menambahkan menjadi contoh bagi Kecamatan Kecamatan lain agar melakukan hal yang sama, sehingga selain Menumbuhkan kebersamaan antar warga, pertumbuhan ekonomi lokal bisa lebih terdorong. “Untuk kecamatan Pituruh bhisa dikatakan sebagai kecamatan perintis bagi kegiatan expo di kecamatan yang ada di Kabupaten Purworejo.” Tambah Wasit. 


Ditambahkan, Camat Pituruh Hartono bahwa rangkaian peringatan HUT ke-78 republik Indonesia di kecamatan Pituruh ini merupakan acara karena digelar selama satu pekan penuh dengan mementaskan para seniman dan elemen masyarakat baik dari pendidikan, kesenian lokal.


“Pituruh Expo ini sudah digelar setiap tahunnya sejak tahun 1983. Untuk kegiatan pesta hiburan rakyat dan Pituruh Expo pada tahun ini mampu menampilkan seniman yang ada di Pituruh sebanyak 30 grup seniman yang di gelar selama sepekan. “ ucapnya.


“Melalui moment ini kita diharapkan bisa menjadikan wadah kreatifitas setiap kesenian. “ imbuhnya.


“Saya juga ucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan mensupport acara ini hingga sampai malam resepsi. Dan tidak lupa untuk para donatur yang sudah menyisihkan rejekinya untuk suksesnya rangkaian kegiatan HUT ke-78 RI, Pentas Hiburan Rakyat dan Pituruh Expo 2023 yang mana sampai terkumpul kurang lebih dana  mencapai 130.125.000 rupiah. Dan sekali lagi saya ucapkan banyak terimakasih untuk para donatur dan sponsor. “ kata Ketua Panitia Hery Susanto pada saat laporan pertanggungjawaban panitia.


Rangkaian sebelum acara juga menampilkan beberapa  peserta berbakat dalam kesenian dari siswa SMK Patriot Pituruh dan siswi SMP N 20 Purworejo sebagai perwakilan pemenang lomba menyanyi. Dan juga penyerahan secara simbolis pemenang lomba bola voli  dan sepak takraw. Serta ditutup dengan penyerahan simbolis wayang kulit kepada Ki Dalang Sunarpo Guno Prayitno dari Grabag Purworejo oleh Bupati Purworejo Agus Bastian yang diwakili oleh Wasit Diono. Pageleran wayang kulit ini disiarkan langsung oleh channel youtube Salinda 797.

Iklan

×
Berita Terbaru Update