Notification

×

Iklan


Puncak Peringatan HSN 2023 MWCNU Purworejo Gelar Bersholawat

Kamis, 16 November 2023 | 13:58 WIB Last Updated 2023-11-16T06:59:28Z
PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Puncak Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2023 digelar dengan meriah di Alun-Alun Cangkrep Lor, Halaman Kecamatan Purworejo pada 15 November 2023. Ketua Tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Purworejo, H Muhammad Haekal, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan penutup rangkaian acara dalam rangka menyemarakkan HSN.

HSN, yang ditetapkan oleh Presiden Ir. Joko Widodo pada tahun 2015, bertujuan untuk mengenang semangat jihad para santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia, seperti yang digelorakan oleh para ulama. Tanggal 22 Oktober dipilih untuk merujuk pada peristiwa sejarah seruan resolusi jihad oleh Pahlawan Nasional Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober 1945. Seruan ini memerintahkan umat Islam untuk berperang (jihad) melawan tentara sekutu yang ingin menjajah kembali wilayah Indonesia pasca-Proklamasi Kemerdekaan.

Haekal menyampaikan, "Untuk memberikan pesan yang kuat kepada segenap masyarakat di Kecamatan Purworejo dan sekitarnya, kita coba hadirkan kembali semangat resolusi jihad yang dikobarkan Hadlaratul Syaikh KH. Hasyim Asy’ari dengan beberapa rangkaian kegiatan sejak bakti sosial hingga malam ini kita solawatan untuk peneguhan spiritual."

Rangkaian kegiatan HSN tahun 2023 dimulai dengan pembacaan sholawat nariyah sebanyak 1 juta kali pada tanggal 21 Oktober, sesuai instruksi PBNU tentang pembacaan 1 milyar sholawat nariyah. Kegiatan dilanjutkan dengan apel HSN secara virtual mengikuti siaran langsung dari Surabaya dan di Alun-Alun Kabupaten Purworejo secara langsung.

Selain itu, dilaksanakan kegiatan bakti sosial berupa distribusi air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan di area Kecamatan Purworejo, expo UMKM diikuti oleh puluhan pelaku ekonomi, Lomba Mewarnai dan Kaligrafi untuk TK/RA dan SD/MI dengan total 476 peserta. Puncak acara pada Rabu (15 November 2023) adalah MWCNU & PAC GP Ansor Kecamatan Purworejo Bersholawat.

Puncak perayaan HSN di Alun-Alun Cangkrep Lor Purworejo dihadiri oleh puluhan ribu masyarakat. Acara semakin meriah dengan lantunan sholawat yang dipimpin oleh K Zaman Asekhal dan Majelis Sholawat Gandrung Nabi, serta tausiyah dari KHRS Hasan Agil Ba’bud. Meskipun hujan deras, antusiasme jamaah tidak terhalangi.
Haekal menutup, "Kita ingin menyampaikan pesan bahwa semangat resolusi jihad harus terus dijaga dengan melipat terus menjaga segala kebaikan yang sudah ada dan adaptif dengan apa yang berkembang. Melalui rangkaian kegiatan ini, kami ingin menyampaikan bahwa generasi muda NU senantiasa siap bersinergi dan berkolaborasi dengan berbagai pihak serta mengambil peran dalam menjaga dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia."

Ketua PAC GP Ansor Purworejo, M Abdul Chamid, menyatakan rasa syukur atas antusiasme jamaah meski persiapan acara cukup singkat, yaitu kurang dari tiga pekan. Sementara Camat Purworejo, Adi Pawoko S STP, mengapresiasi kegiatan Peringatan HSN yang pertama kali di Kecamatan Purworejo dan memberikan apresiasi terhadap panitia yang bergerak cepat untuk mempersiapkan acara. Adi juga berharap bahwa kegiatan expo bazzar dan perlombaan dapat meningkatkan penghasilan UMKM serta melahirkan generasi prestasi di Kecamatan Purworejo. "Event ini sangat bagus, semoga bisa menjadi agenda rutin tahunan dengan inspirasi dan kegiatan kreatif lainnya," tutup Adi.

Kontributor : Aan

Iklan

×
Berita Terbaru Update