Notification

×

Iklan

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Kominfo Purworejo Undang Seorang Difabel Penyidap Oestegenesis Imperfecta (Kerapuhan Pada Tulang)

Sabtu, 02 Desember 2023 | 21:32 WIB Last Updated 2023-12-02T15:04:24Z

PURWOREJO, (pituruhnews.com) - Tanggal 3 Desember adalah peringatan Hari Penyandang Disabilitas Internasional atau International Day of Disabled Persons.


Dalam peringatan tersebut, Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kabupaten Purworejo atau Dinkominfostasandi Kabupaten Purworejo melalui kanal youtube Kominfo Purworejo mengundang salah satu narasumber sekaligus motivator penyandng disabilitas yang cukup banyak dikenal. Narasumber tersebut ialah Ahmad Luthfi Khakim salah satu penyandang disabilitas pengidap Osteogenesis imperfecta. 


Yang mana Osteogenesis imperfecta adalah penyakit genetik langka. Kondisi ini ditandai dengan tulang yang rapuh dan lemah, sehingga mudah patah.


Seseorang yang terlahir dengan OI akan menyandang penyakit ini seumur hidupnya. Dengan kata lain,  pengidap penyakit ini akan berisiko tinggi untuk mengalami patah tulang berulang. 


Penyakit ini umumnya sudah dialami sejak lahir. Namun, gejala biasanya baru akan muncul dan terdeteksi di usia anak-anak atau bahkan setelah dewasa. 


Selain patah tulang, OI memiliki gejala lain seperti kelemahan otot, gangguan pendengaran, kelelahan, kelemahan sendi, tulang melengkung, skoliosis, sklera biru, dentinogenesis imperfecta (gigi keropos) dan perawakan pendek.


Ahmad Luthfi Khakim merupakan salah satu penyemangat bagi pemuda yang ada di Purworejo. Ditengah kekurangannya ia mampu menunjukkan kemampuan dibidang teknologi digital baik dari bidang komputer sampai menggunakan sosial media dengan positif. Karya yang ia miliki yaitu Toko Komputer LC Computer dan Media Online Pituruh News.


Melihat kemampuannya, diacara Podkesdjo yang dinaungi oleh Kominfo Purworejo, Ahmad Luthfi Khakim diundang dan berbincang dengan Pak Djo yang mana, ia merupakan moderatornya. Dalam podkesdjo akan tayang pada tanggal 03 Desember 2023 pada pukul 08.00 WIB. Dalam podkes-nya mengambil tema “ Menjunjung Kesetaraan Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik dan Inklusif ” dana banyak ilmu, pengalaman dan mental yang ia miliki sampai ke titik saat ini. Silahkan saksikan tayangan videonya di kanal Kominfo Purworejo.

Iklan

×
Berita Terbaru Update